Garansi Bebas Pengembalian Shopee Rugikan Seller? Ini 4 Kesalahpahaman yang Sering Terjadi

Garansi Bebas Pengembalian Shopee Rugikan Seller? Ini 4 Kesalahpahaman yang Sering Terjadi

SHOPEE punya fitur Garansi Bebas Pengembalian, ini 4 kesalahpahaman yang dialami seller.-Pexels-


GARANSI Bebas Pengembalian Shopee rugikan seller? Ini 4 kesalahpahaman yang sering terjadi.-Pexels-

Pada program Garansi Bebas Pengembalian "Berubah Pikiran", penjual tidak perlu menanggung biaya ongkos kirim produk atas pengembalian dari pembeli.

Sampai akhir Maret, jika ada penjual yang menemukan ongkos kirim dibebankan kepada penjual untuk pengembalian barang "Berubah Pikiran" pada program Garansi Bebas Pengembalian, Shopee akan mengembalikan dana ongkos kirim dalam 1- 3 hari ke saldo penjual tanpa perlu melakukan permintaan apapun.

Ke depan, mulai April 2024, pengembalian barang dan dana dengan alasan "Berubah Pikiran" akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee. Sistem Shopee secara otomatis tidak akan menagih ongkos kirim kepada penjual.

BACA JUGA:Banjir Promo! Shopee Live Diskon Murah sampai 80 Persen Hadir Dua Kali Setiap Hari

3. Rugi dong penjual! Ini bisa jadi celah buat pembeli melakukan kecurangan saat mengembalikan barang!

Tenang. Agar program ini menguntungkan bagi semua pihak, Shopee memiliki sistem untuk memantau performa setiap akun buyer. Untuk meminimalisir adanya kecurangan dalam proses Garansi Bebas Pengembalian.

Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli. Penjual dapat melakukan banding jika pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian.

Penjual juga dianjurkan untuk melakukan video unboxing saat menerima barang dari pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding.

Perlu dicatat! Hanya pembeli yang memenuhi syarat saja yang bisa mendapat keuntungan dari program Garansi Bebas Pengembalian. Shopee akan memblokir pembeli yang tidak memenuhi syarat, atau diketahui pernah menyalahgunakan program ini.


GARANSI Bebas Pengembalian Shopee rugikan seller? Ini 4 kesalahpahaman yang sering terjadi.-Forbes-

BACA JUGA:Belanja di Shopee Makin Nyaman! Bisa Kembalikan Barang Jika Berubah Pikiran dan Garansi Bebas Pengembalian Lho!

4. Rugi dong penjual! Masa kita harus pasrah aja? Misal balikin banyak, belum lagi ada paket yang hilang atau rusak pas dibalikin ke kita, padahal di awal barangnya baik-baik saja. Apakah penilaian Shopee adil?

Intinya, Shopee akan terus memberikan edukasi kepada pembeli terkait syarat dan ketentuan program Garansi Bebas Pengembalian. Baik untuk menjaga kondisi produk sama seperti yang dikirimkan, pengemasan produk (termasuk label produk/merek harus tersegel dengan baik), dan sebagainya.

Bahkan, Shopee juga memberikan kesempatan kepada penjual untuk melakukan banding atas keputusan agen Shopee setelah menerima pengembalian produk dari pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: