Universitas Ciputra Resmi Punya Fakultas Kedokteran Gigi yang Kedepankan Advanced Technology in Dentistry

Universitas Ciputra Resmi Punya Fakultas Kedokteran Gigi yang Kedepankan Advanced Technology in Dentistry

Universitas Ciputra Surabaya melaunching Fakultas Kedokteran Gigi, Kamis, 7 Maret 2024. FKG UC dilengkapi dengan teknologi canggih.-Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Universitas Ciputra SURABAYA meluncurkan Fakultas Kedokteran Gigi, Kamis, 7 Maret 2024. Fakultas tersebut ingin mengedepankan advanced technology in dentistry. Sebuah revolusi yang menerapkan kecanggihan teknologi pada proses perawatan dan penyembuhan penyakit Gigi dan mulut.

BACA JUGA: Puasa Sebentar Lagi, Sidang Isbat Akan Digelar 10 Maret 2024


Universitas Ciputra Surabaya melaunching Fakultas Kedokteran Gigi, Kamis, 7 Maret 2024. FKG UC dilengkapi ruang praktik representative.-Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Pemanfaatan kecanggihan teknologi pada sektor medis terbukti menyelesaikan banyak masalah. Selain memudahkan juga sangat efisien waktu maupun tenaga. Ditambah rasa sakit yang ditimbulkan saat pemeriksaan tak lagi sesakit zaman dahulu.

"Advance technology in dentistry menjawab tantangan dunia global dalam belajar," ujar Ketua Koordinator FKG Universitas Ciputra Antonius Edwin Sutikno usai launching.

"Teknik penggunaan alat seperti VR di mana mahasiswa juga belajar tiga dimensi untuk melihat kondisi mulut dan gigi secara keseluruhan. Ada Artificial Intelligence (AI) yang juga kita manfaatkan," lanjutnya. 

FKG Universitas Ciputra hadir menjawab tantangan kebutuhan dokter gigi di Indonesia. Sejauh ini kebutuhan dokter gigi masih sangat kurang. Terlebih kebutuhan di pelbagai pelosok di Indonesia. 

BACA JUGA: Program Mudik Gratis Sudah Dibuka Melalui Aplikasi MitraDarat, Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya

Padahal, masalah gigi dan mulut tidak bisa diabaikan begitu saja. Memang tidak banyak yang mengetahui masalah gigi dan mulut berhubungan dengan penyakit lainnya. Kondisi ini disebut fokal infeksi yang merupakan asal mula dan penyebab berkembangnya penyakit sistemik.

"Dengan advance technology dapat mendiagnostik dan mengidentifikasi karies gigi dengan mudah. Gigi karies itu fokal infeksi, bisa ke jantung dan ginjal," ujar Dekan FKG Universitas Ciputra Ida Bagus Narmada.

Sementara itu, FKG Unair Surabaya berperan sebagai Fakultas pembina dalam mengembangkan FKG Universitas Ciputra. Pelbagai hal telah dipersiapkan untuk mengembangkan Fakultas baru tersebut. 

"Kita memang harus mengkombinasikan advanced dental, mengintegrasikan tantangan ke depan bahwa teknologi bergerak terus," jelasnya.

"Digitalisasi seperti yang kita lakukan ada keuntungan termasuk akurasi dalam tindakan, itu sangat tepat sekali. Keakuratan itu yang itu harus kita bekalkan kepada para calon dokter," lanjutnya.

Pelbagai fasilitas serta alat berteknologi canggih juga sudah disiapkan. Di antaranya mulai dari ruang tutorial, rumah sakit gigi dan mulut (RSGM), laboratorium bersama, laboratorium biologi oral, laboratorium IMTKG, dan ruang skills lab. (Wulan Yanuarwati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: