13 Fakta Random tentang The Oscars 2024 yang Perlu Kamu Tahu, dari Scorsese Hingga Billie Eilish

13 Fakta Random tentang The Oscars 2024 yang Perlu Kamu Tahu, dari Scorsese Hingga Billie Eilish

13 FAKTA random tentang The Oscars 2024 yang perlu kamu tahu.-Oscars.org-


13 FAKTA random tentang The Oscars 2024 yang perlu kamu tahu. Foto: Greta Gerwig (tengah) dan para pemain Barbie.-Warner Bros.-

Ini selalu menjadi isu tiap tahun. Namun, tunggu. Barbie memang gagal masuk nominasi Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik. Namun, Greta Gerwig adalah sutradara pertama dalam sejarah yang tiga film pertamanya secara beruntun masuk nominasi Best Picturea. Yakni Lady Bird, Little Women, dan Barbie. Ya, itu adalah 3 film pertama Gerwig. Tapi selalu fenomenal!

Sedihnya, memang hanya sedikit sekali sutradara perempuan yang pernah masuk nominasi Sutradara Terbaik. Mereka adalah Lina Wertmüller untuk Seven Beauties (1977). Lalu Jane Campion lewat The Piano (1994), Sofia Coppola dengan Lost in Translation (2003), dan Kathryn Bigelow lewat The Hurt Locker (2010).

Kemudian ada Greta Gerwig dengan Lady Bird (2017), Emerald Fennell dengan Promising Young Woman (2020), Chloé Zhao yang membesut Nomadland (2021), serta Jane Campion lagi dengan The Power of the Dog (2022).

Yang lebih menyedihkan lagi, hanya 3 cewek dari 9 nominasi itu yang benar-benar memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik. Mereka adalah Kathryn Bigelow, Jane Campion, dan Chloe Zhao.

BACA JUGA:Goodie Bag Oscars 2024 Capai Rp 2,6 Miliar, Isi Apa Aja?

4. 3 Sutradara Perempuan


13 FAKTA random tentang The Oscars 2024 yang perlu kamu tahu. Foto: Celine Song (kiri) dinominasikan untuk Sutradara dan Penulis Skenario Orisinal Terbaik.-Getty Images via AFP-

Bukan berarti tidak ada progress sama sekali. Pada Oscars 2024, untuk kali pertama dalam sejarah, ada 3 film besutan sutradara perempuan yang masuk nominasi Best Picture. Yakni Barbie, Anatomy of a Fall, dan Past Lives besutan Celine Song.

Sementara itu, dari 10 nominasi Skenario Terbaik (baik orisinal maupun adaptasi), 4 di antaranya ditulis oleh perempuan. Ada Anatomy of a Fall oleh Justine Triet dan Arthur Harari, Barbie oleh Greta Gerwig bersama suaminya, Noah Baumbach.

Lalu ada May December karya Samy Burch, serta Past Lives yang ditulis Celine Song. Ini adalah keterwakilan terbanyak penulis perempuan dalam dua kategori tersebut sepanjang sejarah.

BACA JUGA:Menang SAG Awards 2024, Robert Downey Jr Makin Dekat ke Piala Oscar

5. Aktor Kulit Hitam

Jeffrey Wright dan Sterling K Brown masuk nominasi untuk Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik lewat American Fiction. Ini adalah kali pertama dalam 96 edisi The Oscars, dua aktor kulit hitam dari film yang sama dinominasikan bersamaan.

Ngomong-ngomong soal representasi, bintang Killers of the Flower Moon Lily Gladstone juga mencetak sejarah. Dia menjadi perempuan Suku Asli Amerika pertama yang dinominasikan sebagai Aktris Terbaik. Dia adalah anggota Suku Piegan Blackfeet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber