Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

KENAPA Piala Academy Awards disebut Oscar?-The Hollywood Reporter-

HARIAN DISWAY - Academy Awards sudah menjadi ajang penghargaan untuk insan film paling prestisius di AS. Bahkan di dunia. Setiap tahun, jutaan orang menonton siapa yang berhak menyandang gelar Aktor dan Aktris Terbaik, hingga Film Terbaik.

Piala buat pemenang Academy Awards disebut Oscar. Bentuknya berupa sosok tubuh (pria) membawa pedang, dan berdiri di atas gulungan pita film. Piala seberat 3,8 kg itu dibuat dari campuran besi dan perunggu, dan disepuh emas.

Selama nyaris 100 tahun, piala itu menjadi lambang supremasi sebuah karya film atau akting paling luar biasa di Hollywood. Namun, kenapa sih ia disebut piala Oscar? Siapa Oscar itu sebenarnya? Berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA:13 Fakta Random tentang The Oscars 2024 yang Perlu Kamu Tahu, dari Scorsese Hingga Billie Eilish

Sejarah


KENAPA Piala Academy Awards disebut Oscar? Foto: Janet Gaynor menerima piala Aktris Terbaik dari Douglas Fairbanks di Academy Awards perdana, 1929.-Oscars.org-

Piala Academy Awards aslinya bernama The Academy Award of Merit. Ia kali pertama diserahkan kepada pemenang dalam Academy Awards perdana, pada 1929. Tapi, baru beberapa tahun kemudian, ia disebut piala Oscar.

Awal mula nama Oscar masih menjadi perdebatan. Namun, ada kepercayaan bahwa nama itu didasarkan pada kisah pustakawan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS, penyelenggara Oscar) yang bernama Margaret Herrick.

Margaret Herrick pernah bilang, patung piala Oscar itu mirip pamannya, Oscar. Dan entah kenapa, nama itu melekat. Tiba-tiba saja semua orang menyebut piala itu Oscar.

Namun, omongan Herrick berubah beberapa tahun kemudian. Menurut mantan direktur eksekutif AMPAS Bruce Davis, Herrick mengaku tidak punya paman bernama Oscar. Namun sering bercanda soal Paman Oscar yang fiktif itu dengan suaminya.

BACA JUGA:Prediksi Peraih Oscar 2024: Bisakah Barbie Hentikan Dominasi Oppenheimer?

BACA JUGA:Oppenheimer Ngeri! Film Christopher Nolan Borong 13 Nominasi Oscars 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Versi Bette Davis


KENAPA Piala Academy Awards disebut Oscar? Foto: Bette Davis menimang piala Oscar yang dia raih pada 1936.-Oscars.org-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber