Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

KENAPA Piala Academy Awards disebut Oscar?-The Hollywood Reporter-

Versi yang lebih baru diungkapkan oleh aktris sekaligus pemenang Oscar Bette Davis. Dia mengklaim bahwa nama Oscar datang darinya. Tepatnya ketika dia memenangkan Academy Awards pada 1936.

Dia bilang, bokong piala itu mengingatkan dia pada bokong suaminya, Harman Oscar Nelson. Dan sejak saat itu, si piala dijuluki Oscar, gara-gara bokong. Aduh!

Nah, pada 1974, bintang The Nanny (1965) itu merevisi pernyataannya lewat otobiografi yang terbit pada 1974. Itu gara-gara ada teori yang menyebutkan bahwa istilah Oscar sudah muncul sebelum dia mendapat piala pada 1936.

"Enggak ada kontroversi yang lebih menggelikan daripada ini," tulis Bette Davis saat itu.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Nonton The Oscars 2024: Nominasi, Presenter, dan Link Streamingnya

Seorang kolumnis gosip Hollywood bernama Sydney Skolsky tak mau ketinggalan mengklaim nama Oscar. Ia pernah menulis buku berjudul Don’t Get Me Wrong — I Love Hollywood pada 1975. Di situ, ia mengaku menggunakan istilah Oscar kali pertama pada 1934.

Alasannya, ia ingin menghapus wibawa palsu yang kesannya muncul dari Academy Awards. Oscar adalah nama yang lebih umum dan membumi.

Namun, lagi-lagi, hal itu dipatahkan oleh fakta bahwa Walt Disney sudah menggunakan kata Oscar dalam salah satu pidatonya. Jauh sebelum 1934. Nah, lho?

BACA JUGA:Goodie Bag Oscars 2024 Capai Rp 2,6 Miliar, Isi Apa Aja?

Versi Eleanore Lilleberg


KENAPA Piala Academy Awards disebut Oscar?-Oscars.org-

Bruce Davis punya fakta lain lagi, yang dipercaya oleh sebagian warga Hollywood. Ia menyebut, nama Oscar diciptakan oleh seseorang bernama Eleanore Lilleberg. Dia adalah karyawan di kantor AMPAS.

Salah satu tugasnya adalah mengawasi dan mengajak bertengkar piala Oscar sebelum seremoni. Dan saat itu, dia menyebut piala-piala tersebut sebagai Oscars.

Davis juga melampirkan saksi atas aktvitas tersebut. Mereka adalah Lester Cowan, seorang produser film yang sering nongkrong di kantor Academy. Serta kakak Eleanore Lilleberg Einar, yang juga bekerja di kantor pusat AMPAS.

BACA JUGA:Menang SAG Awards 2024, Robert Downey Jr Makin Dekat ke Piala Oscar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber