Oscars 2024: Robert Downey Jr Raih Oscar Perdana, Malah Panggil Dokter Hewan

Oscars 2024: Robert Downey Jr Raih Oscar Perdana, Malah Panggil Dokter Hewan

OSCARS 2024: Robert Downey Jr raih Oscar perdana lewat Oppenheimer, di The Oscars 2024, 11 Maret 2024. -Robyn Beck-AFP

BACA JUGA:13 Fakta Random tentang The Oscars 2024 yang Perlu Kamu Tahu, dari Scorsese Hingga Billie Eilish

"Ia menghabiskan separo dari waktunya untuk mencoba menjamin dan mengeluarkan aku dari penjara," aktor 58 tahun itu bergurau.

Buat Robert Downey Jr, kemenangan ini sangat bersejarah. Sebab, ia akhirnya mendapatkan piala Oscar, setelah berkecimpung selama di dunia akting selama 54 tahun.

Ya, Robert Downey sudah aktif sebagai aktor sejak 1970. Lewat sebuah film berjudul Pound. Waktu itu, usianya baru 5 tahun.

Ia kali pertama dinominasikan di Academy Awards pada 1993. Yakni, setelah memerankan komedian Charlie Chaplin dalam film Chaplin. Lama berselang, ia baru mendapat nominasi lagi pada 2009, yakni lewat Tropic Thunder.

BACA JUGA:Prediksi Peraih Oscar 2024: Bisakah Barbie Hentikan Dominasi Oppenheimer?

BACA JUGA:Oppenheimer Ngeri! Film Christopher Nolan Borong 13 Nominasi Oscars 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Setelah itu, ia lebih sibuk membintangi film-film populer. Salah satu perannya yang paling terkenal, tentu saja sebagai Iron Man di waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU).


OSCARS 2024: Robert Downey Jr raih Oscar perdana lewat Oppenheimer. -Universal-

Baru pada 2023, ia mendapatkan memerankan tokoh sejarah. Yakni Admiral Lewis Strauss, seorang mantan perwira Angkatan Laut AS yang menjadi anggota Komisi Energi Atom AS di masa Perang Dunia II.

Ia menjadi antagonis utama di tengah upaya J Robert Oppenheimer (diperankan Cillian Murphy) mengatasi dilema moral dan emosional penciptaan bom atom.

BACA JUGA:Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

Sebelum Oscars 2024 berlangsung, Robert Downey Jr mengatakan bahwa awards tidak penting. Hadiah yang paling berharga adalah menghabiskan waktu bersama para pemain.

"Pengalaman yang kudapatkan bersama mereka adalah kado berharga. Kami memiliki ikatan yang kuat, tapi juga saling respek satu sama lain," jelas bintang Sherlock Holmes tersebut.

Pencapaian Robert Downey Jr musim ini begitu komplet. Ia memenangkan Golden Globes, Ciritcs' Choice Awards, SAG Awards, dan yang terakhir: piala Oscar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: