Segar dan Menyehatkan, Buah-buahan Ini Cocok Dikonsumsi saat Bulan Puasa

Segar dan Menyehatkan, Buah-buahan Ini Cocok Dikonsumsi saat Bulan Puasa

Bagi penyuka buah-buahan tentu sangat semangat untuk memakannya. Beberapa buah ini memiliki khasiat yang menyehatkan dan segar. Sangat cocok dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. --freepik.com/stockgiu

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Untuk menyiapkan fisik yang kuat saat berpuasa, tentu saja perlu makanan dan minuman yang sehat dong. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Asupan tinggi serat yang terkandung di dalamnya bisa membuat nutrisi tercukupi selama puasa atau saat perut kita akan kosong.

Karena itu, buah-buahan bisa jadi pilihan untuk sumber energi bagi tubuh dan menstabilkan kadar gula darah. Enggak hanya itu, buah-buahan bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga bisa menekan nafsu makan. Sehingga pasti membantu Anda agar tidak terlalu merasa lapar.

Juga untuk Anda yang mudah haus, cobalah untuk makan buah-buahan saat sahur atau berbuka. Sebab buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut beberapa buah yang nikmat untuk sahur dan berbuka puasa.

1. Kurma

Buah ini termasuk salah satu yang wajib ada setiap berbuka puasa. Tak hanya menjadi nilai historis bagi agama Islam. Kurma juga menjadi sumber gula yang baik untuk dikonsumsi . Mudah diserap tubuh dan mengembalikan energi secara cepat. Menjadi antioksidan yang baik dan kaya akan zat besi.

BACA JUGA: Belum Kenal dengan Tempe Mendol Khas Jawa Timur? Bisa Jadi Lauk dan Camilan Lho!

Bukan tanpa alasan, manfaat kurma untuk sahur dan buka puasa diketahui dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh tetap dalam kondisi prima selama menjalani puasa. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kadar kalori yang tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya dan sering kali dikeringkan.

2. Semangka

Terkenal segar dan manis, buah semangka menjadi sajian favorit tak hanya di bulan puasa saja. Kandungan air yang banyak, yaitu sekitar 92 persen tentu cocok untuk Anda melepas dahaga setelah berpuasa.  

Enggak hanya itu, buah ini juga mengandung banyak zat antioksidan, vitamin, mineral dan likopen yang berperan menangkal radikal bebas.

3. Apel

Buah ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan pektin yang ada di dalamnya dapat meningkatkan rasa kenyang. Bisa jadi pilihan saat sahur agar badan kuat selama puasa.

Kandungan vitamin c dan antioksidan di dalamnya juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem imun. Sudah mengenyangkan dan bikin daya tahan tubuh bagus. Pasti pengen mencobanya,bukan.

BACA JUGA: Jadi Menu Identik saat Ramadan, Cari Tahu Jenis-Jenis Kurma dan Tip Menyimpan Kurma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: