Belum Kenal dengan Tempe Mendol Khas Jawa Timur? Bisa Jadi Lauk dan Camilan Lho!

Belum Kenal dengan Tempe Mendol Khas Jawa Timur? Bisa Jadi Lauk dan Camilan Lho!

Tempe mendol merupakan makanan dari olahan kedelai yang sudah sangat familiar bagi orang Jawa Timur. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas, tempe mendol bisa menjadi lauk pendamping atau camilan yang wajib dicoba. --copyrightshutterstock/Harinnita Detta

MALANG, HARIAN DISWAY -  Indonesia punya beraneka ragam kuliner daerahnya yang memukau. Tak heran, ada banyak sekali jenis makanan khas yang bisa dicoba. Salah satunya tempe mendol. Anda kenal? Yaitu makanan olahan dari tempe kedelai yang enak disantap.

Meskipun berbahan tempe yang sudah populer di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara, tapi tempe mendol mungkin masih asing untuk sebagian besar orang di luar Jawa Timur. Tapi buat orang Malang khususnya, tempe mendol sudah menjadi santapan favorit karena tampilan dan rasanya yang khas.

Di Malang, tak hanya tempe mendol yang diketahui sebagai makanan yang bisa diolah dari tempe kedelai. Tapi semakin menjelajah ke Timur, Anda akan semakin kenal dengan berbagai tempe seperti tempe kacang sampai tempe menjes.

Selain itu masih ada makanan dari olahan tempe yang ada di Malang yang populer disajikan di mana-mana sebagai makanan sehari-sehari seperti tempe bacem, tempe penyet, sayur tempe, bahkan sambal tempe.

Tapi untuk tempe mendol yang menjadi ciri khas dari Malang itu, termasuk cukup susah dicari di tempat lain. Padahal membuatnya gampang. Makanan yang satu ini memiliki aroma dan perbedaan yang jelas dari jenis olahan tempe lainnya.

BACA JUGA: Santap Buka Puasa di Hotel 88 Embong Malang Padukan Kelezatan Timur Tengah dan Kekayaan Rasa Nusantara dalam Korner Masakan Ibu

Cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas itu jadi salah satu cirinya. Tempe mendol umumnya disantap sebagai lauk pendamping untuk sayur lodeh, pecel, dan rawon. Bahkan sebagai camilan pun sangat oke. Dimakan dengan lalap lombok sebagai kudapan sore.

Proses membuat makanan ini bisa diikuti dengan gampang. Semua orang pasti bisa mengolahnya. Bermula dengan tempe yang dikukus. Kemudian dihancurkan dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang mudah ditemui sehari-hari di dapur Anda.

Selain tempe, siapkan tepung beras, garam, ketumbar, terasi, cabe, penyedap rasa, jeruk cincang halus, bawang merah, dan bawang putih. Berikutnya tempe mendol dimasak dengan mengorengnya. Bentuk dan cara memasaknya mirip perkedel. Digoreng di dalam minyak yang panas hingga berwarna kecokelatan.

BACA JUGA: Mengingat Kembali Kuliner Legenda Lentho; dari Camilan hingga Pelengkap Lontong Balap

Jika menilik namanya, mendol menggambarkan bentuk sajiannya yang khas. Yakni lonjong, teksturnya garing di luar, dan lembut di dalam. Sementara kata mendol sendiri artinya kepal. Memang, hidangan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan sampai padat sebelum digoreng.

Tertarik membuat tempe mendol sendiri di rumah? Silakan dicoba. Sekalian mengenalkannya sebagai makanan Indonesia di meja makan keluarga Anda saat kapan pun. Jika tempe sudah sangat familiar, maka tempe mendol pun patut jadi makanan andalan keluarga Anda, bukan. (Meila Rizqya PY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: