Konjen Jepang di Surabaya Sambut Baik Kerja Sama Mitsui dan PT Pangan Lestari Distribusikan Sarden Botan di Indonesia

Konjen Jepang di Surabaya Sambut Baik Kerja Sama Mitsui dan PT Pangan Lestari Distribusikan Sarden Botan di Indonesia

Head of PT Mitsui Indonesia Surabaya Branch Tonny S Prakoso, GM of Retail Business Department Mitsui & Co. (Asia Pacific) Pte. Ltd. Horimi Kazuya, President Director PT Pangan Lestari Tjahjono Haryono, Director PT Pangan Lestari Iwi Sumbada. -Julian Romadhon-Harian Disway

HARIAN DISWAY – Siapa yang tak kenal dengan Botan. Salah satu merek pioner produk ikan kaleng yang berdiri lebih dari 40 tahun itu dikenal luas di pasar tanah air. Saat ini, Botan telah menjadi salah satu merek global yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Untuk memperluas distribusi produk ikan kaleng alias sarden merek Botan di Indonesia, Mitsui & Co. (Asia Pasifik) Pte. Ltd dan PT. Pangan Lestari di Surabaya menyepakati kerja sama. Dalam perjanjian, PT. Pangan Lestari (PL) ditunjuk menjadi distributor eksklusif.

Seperti diketahui PT Pangan Lestari adalah salah satu perusahaan logistik makanan dan rantai dingin terkemuka di Indonesia. Mereka menawarkan berbagai produk makanan, seperti kebutuhan sehari-hari hingga produk beku dan dingin.

BACA JUGA: Ekonom Unair Soal Macetnya Investasi di IKN: Komitmen Pemerintahan Prabowo Bakal Jadi Kunci

Khususnya kepada pengecer besar, restoran, hotel, dan pelanggan lainnya di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan keunggulannya yang kuat dalam logistik produk makanan kering dan beku. 

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki fasilitas R&D sendiri yang disebut Innovation Center yang mengembangkan menu/resep dengan menggunakan produk-produk yang dipasarkan.

General Manager of Retail Business Department Mitsui & Co. (Asia Pacific) Pte. Ltd Horimi Kazuya mengatakan, Indonesia sebagai salah satu pasar strategis utama di Asia Tenggara. Sehingga diharapkan dengan dukungan jaringan distribusi dan infrastruktur Pangan Lestari yang kuat.

BACA JUGA: BRI Serius Perangi Judi Online, Mulai Blokir Rekening hingga Terapkan Sistem Anti Pencucian Uang

Di sela penandatanganan memorandum of understanding (MoU), pada Senin, 22 Juli 2024, Horimi menjelaskan bahwa saluran penjualan yang luas, dan tim manajemen yang kuat akan memungkinkan produk Botan bisa menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia.

Juga meningkatkan positioning-nya di pasar Indonesia. "Kerja sama ini adalah tindak lanjut dari kolaborasi Mitsui dengan PT Pangan Lestari pada Oktober 2023 lalu. Ini bukan yang terakhir karena ke depan akan banyak hal yang akan kami kerja samakan bersama," katanya. 

Di Indonesia, produk ikan dalam kaleng merek Botan telah diproduksi secara lokal yakni di pabrik Muncar, Banyuwangi. "Oleh karena itu, kami yakin kerja sama dengan PT Pangan Lestari akan memperkuat dan memperluas pasar di Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Beri Prabowo Saran untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Asing: Tambah Penerbangan Internasional

Bahkan pihaknya menargetkan ke depan penjualan Botan bisa meningkat hingga double digit. President Director PT Pangan Lestari Tjahjono Haryono mengatakan, pihaknya menjunjung tinggi Botan sebagai salah satu produk ikan kaleng terpercaya dengan merek best seller yang sudah lama dikenal di Indonesia.
Untuk memperluas distribusi produk ikan kaleng alias sarden merek Botan di Indonesia, Mitsui & Co. (Asia Pasifik) Pte. Ltd dan PT. Pangan Lestari di Surabaya menyepakati kerja sama. -Julian Romadhon-Harian Disway

"Dengan memanfaatkan fasilitas Innovation Center, fungsi pengembangan menu dan resep di Pangan Lestari serta saluran penjualannya yang luas, kami akan menghadirkan Botan ke lebih banyak konsumen melalui berbagai saluran penjualan di seluruh negeri," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: