Mempererat Silaturahmi dalam Kuliner yang Memadukan Taste dari Berbagai Negara

Mempererat Silaturahmi dalam Kuliner yang Memadukan Taste dari Berbagai Negara

Seorang tamu sedang menunggu kambing guling di Ramadan buffet DoubleTree by Hilton Surabaya.-Annisa Dyah N. A.-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Semarak Ramadan tak hanya disambut sukacita oleh umat Islam, tetapi juga semua orang. Berbagai kuliner khas semakin mempererat silaturahmi lewat menu berbuka puasa.

Seperti di Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya. Nuansa Tionghoa masih terasa lekat di Makan Kitchen lantai 1 itu. Paduan masakan Nusantara, Tionghoa, Jepang, dan Timur Tengah pun menggugah selera.

Bebek peking, roasted beef, dan kambing guling berjejer menjadi menu utama. Ada pun chicken tandoori dan ikan rica-rica. Saus-saus pun lengkap menemani. Seperti saus holsin, saus plum, saus BBQ, saus gulai, dan colo-colo.


Roasted beef di Ramadan buffet DoubleTree by Hilton Surabaya.-Annisa Dyah N. A.-HARIAN DISWAY

Menurut Chef Remond Manik, bebek peking adalah top selling hotel. Proses marinasinya dilakukan sehari sebelum buffet. “Kita masukkan wayim atau salt pepper ke perut bebek selama 5-6 jam. Jadinya, bebek lebih empuk dan bumbunya meresap,” kata Executive Chinese Chef DoubleTree by Hilton Surabaya itu.

BACA JUGA:Wisata Kuliner Khas 4 Kota di DoubleTree by Hilton Surabaya

Sementara itu, untuk menu Timur Tengah seperti kambing guling, Chef Remond menggunakan ramuan khusus. Yakni, curcumin, paprika powder, galangan/laos, dan rempah-rempah lain.

Ada pun kuliner lain yang ditawarkan: roti pita dengan saus terong baba ghanous, lawar bali, sate-satean ala angkringan, tomyam, dimsum, sushi, sashimi, aneka desserts, aneka kurma, teh tarik, wedang uwuh, dan es campur.

“Sekarang, bukber itu menjadi tren, ya. Jadi, menu Ramadan tahun ini kami lebih variatif. Banyak makanan dan tastes yang ditawarkan dari berbagai negara,” ungkap Chef Remond.


Witanti, salah satu tamu, yang merayakan ulang tahun bertepatan dengan Ramadan di DoubleTree by Hilton Surabaya.-Annisa Dyah N. A.-HARIAN DISWAY

Senada, Anggit Arga Noorwana selaku Food and Beverage Manager DoubleTree by Hilton Surabaya mengatakan, “Buka puasa itu tidak sekadar kebutuhan suatu agama tertentu. Tapi, udah jadi lifestyle orang Surabaya.” Para tamu yang hadir pun berasal dari berbagai kalangan.

BACA JUGA:Rayakan Natal dan Tahun Baru, DoubleTree by Hilton Surabaya Hidangkan Choco Fountain hingga Whole Roasted Turkey

Spesial di buka puasa pada Kamis, 14 Maret 2024, terdapat perayaan ulang tahun ke-98 Witanti, tamu asal Surabaya. Ornamen merah-merah menghiasi. Balon emas dan stand khusus bergambar sosok Witanti. 22 anggota keluarganya pun meramaikan. Dari anak sampai cicit berkumpul. Popo yang masih segar bugar itu mencicipi hampir semua menu di Ramadan buffet.

Anton Wijaya adalah anak perempuan pertama Witanti. “Ulang tahun Popo juga berbarengan sama Ramadan. Tentu senang dengan kebersamaan ini, tidak ada pilih-pilih. Keluarga dari Jawa, Sumatera, Kalimantan berkumpul sekarang. Ramadan juga gitu, kan? Momen berkumpul keluarga,” kata Anton. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: