Sayuri Bersaudara: Duo PSM yang Jadi Andalan Timnas di Era STY, Suksesor Solossa Bersaudara!

Sayuri Bersaudara: Duo PSM yang Jadi Andalan Timnas di Era STY, Suksesor Solossa Bersaudara!

Yance Sayuri dan Yakob Sayuri memiliki nasib yang berbeda di akhir tahun 2023, Yakob ke Turki, Yance ke Radiologi-Instagram @yansayuri11-

HARIAN DISWAY - Tanah Papua tak pernah kehabisan talenta sepakbola. Banyak pemain berbakat lahir dari pulau yang terletak di ujung timur Indonesia itu.

Yang paling diingat adalah Solossa bersaudara. Ya, Boaz dan Ortizan. Duo papua yang eksis di tahun 2007 bersama Timnas Indonesia. 

Keduanya menjadi pilar utama Timnas Indonesia di tahun 2004 saat mengikuti Piala Tiger (kini disebut AFF). Indonesia berhasil menembus babak final di kompetisi tersebut. 

Namun, di partai puncak Garuda harus mengakui keunggulan Singapura dan merelakan gelar juara AFF. Setelah era Solossa bersaudara, jarang muncul duo bersaudara di Timnas dari tanah Papua. 

Kini hal tersebut dipatahkan dengan hadirnya Sayuri bersaudara, Yakob dan Yance. Kakak-adik yang sulit dipisahkan. Keduanya tak membela Persipura, kini mereka membela tim asal Indonesia Timur lainnya, yakni PSM Makassar

BACA JUGA:Super Simic is Back! Cetak Dua Gol Kemenangan Persija, Ternyata Ini Kuncinya..

Mereka selalu terpanggil ketika Indonesia hendak mengikuti suatu kompetisi. Mereka selalu menjadi prioritas Shin Tae-Yong (STY). Namun, siapa sangka, kalau Yakob-Yance menjalani karir yang berbeda. 


Selebrasi gol Yakob Sayuri setelah mencetak gol ke gawang Libya, 5 Januari 2024-Instagram @timnas.indonesia-

Yakob lebih dulu mencicipi kerasna kasta utama Liga Indonesia dengan bergabung bersama Barito Putera di tahun 2019. Saat itu, tak banyak orang yang memedulikan Yakob. 

Barito Putera mengambil Yakob dari Persewar Waropen. Tapi, Yakob membela Laskar Antasari hanya semusim saja. Musim berikutnya Yakob direkrut  PSM Makassar. Bersama PSM, nama Yakob mulai dikenal. 

Berbeda dengan Yance, sang adik. Yance memulai karirnya bersama Persemi Mimika. Di tahun 2021, secara mengejutkan Yance Sayuri bergabung bersama PSM Makassar, mengikuti Yakob. 

Nama Sayuri bersaudara semakin menggema di kancah sepak bola tanah air, ketika PSM Makassar merengkuh gelar juara Liga 1 di musim 2022/2023. Semenjak itu, mereka pun selalu mendapat panggilan Timnas. 

BACA JUGA:Bukan Bek Biasa! Yuran Fernandes si Jangkung Milik PSM Makassar yang Jago Build Up


Ajak Riak mencoba melewati hadangan Yakob Sayuri di laga PSM Makassar vs PSS Sleman, 8 Maret 2024-Instagram @psssleman-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sofascore