Cheng Yu Pilihan Wakil Ketua Milenial BUMN Surabaya Raya Berry Febrio Silvio Pariela: Cheng Xin Zhe, Tian Xia Zhi Jie Ye

Cheng Yu Pilihan Wakil Ketua Milenial BUMN Surabaya Raya Berry Febrio Silvio Pariela: Cheng Xin Zhe, Tian Xia Zhi Jie Ye

Cheng yu pilihan Wakil Ketua Milenial BUMN Surabaya Raya Berry Febrio Silvio Pariela: cheng xin zhe, tian xia zhi jie ye. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Berry Febrio Silvio Pariela mempunyai target hidup yang terdiri dari 3 level. Yaitu, pertama, menjadi orang percaya; kedua, menjadi orang tepercaya; ketiga, menjadi orang kepercayaan. Kendati sama-sama berakar dari kata "percaya", tetapi ketiganya berbeda tingkatan.

Wakil ketua Milenial BUMN Surabaya Raya ini menjelaskan, "Orang percaya adalah orang yang percaya adanya kuasa Tuhan dan berserah pada-Nya dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya."

Sedangkan "orang terpercaya" adalah orang yang dapat dipercaya karena berakhlak, beretika, memiliki kompetensi, serta profesional dalam menjalankan apa yang menjadi tanggung jawabnya.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Integrated Business Development Director Mobiliari Group Paulina Nani: Shou Yin Zhong Guo

Yang paling diidamkan Berry ialah menjadi "orang kepercayaan". Yakni sebuah level di mana kita, menurutnya, telah menjadi orang yang dianggap memiliki value sehingga bisa diandalkan. "Dengan itu, keberadaan kita akan menjadi bermanfaat bagi banyak orang," terang Berry, yang alumni jurusan Magister Manajemen di Universitas Krisnadwipayana, Jakarta. 

Dalam khazanah falsafah Tiongkok klasik, kepercayaan, kejujuran, kredibilitas, atau apalah istilah yang Anda pakai untuk menyebutnya, sangat dijunjung tinggi keberadaannya. 

Guan Zhong, filsuf yang hidup pada sekitar 7 abab SM, menegaskan, "Pedagang yang tidak jujur jangan berdagang, seniman yang tidak jujur jangan berkarya, petani yang tidak jujur jangan bertani, pejabat yang tidak jujur jangan diberikan jabatan di pemerintahan" (非诚贾不得食于贾,非诚工不得食于工,非诚农不得食于农,非信士不得立于朝 | fēi chéng jiǎ bù dé shí yú jiǎ, fēi chéng gōng bù dé shí yú gōng, fēi chéng nóng bù dé shí yú nóng, fēi xìn shì bù dé lì yú cháo).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Dr. Hermawan Susanto, Sp.PD-KEMD, FINASIM, dokter spesialis endokrinologi, metabolisme, dan diabetes di National Hospital, Surabaya:

Kenapa begitu? Karena, masih kata Guan Zhong, "诚信者,天下之结也" (chéng xìn zhě, tiān xià zhī jié yě): kejujuran merupakan kunci kehidupan. 

Maka tak heran bila Mo Tzu, filsuf yang hidup pada sekitar 400 tahun sebelum Masehi menyatakan, "言不信者行不果" (yán bù xìn zhě xíng bù guǒ): yang tidak bisa dipercaya ucapannya, tak akan membuahkan hasil usahanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: