Evolusi Jersey: Asal-usul, Arti Black Core, dan Rekomendasi: Awalnya Bukan dari Tim Sepak Bola!

Evolusi Jersey: Asal-usul, Arti Black Core, dan Rekomendasi: Awalnya Bukan dari Tim Sepak Bola!

Hector Bellerin pemain sepakbola yang terkenal dengan fashionnya menggunakan jersey vintage Real Betis-Instagram @hectorbellerin-

HARIAN DISWAY - Jersey sepak bola mulai merambah dunia fashion. Dulunya Jersey hanya dikenakan para pemain di lapangan hijau, kini telah menjelma menjadi ikon fashion yang digemari berbagai kalangan.

Evolusi jersey sepak bola menjadi tren fashion yang tengah marak saat ini. Netizen menyebutnya fashion casual. Lalu, di akhir 2022 muncul istilah Block Core. Arti Block Core adalah perpaduan antara jersey vintage dengan fashion casual.

Pada awal mulanya, jersey sepak bola hanya terbuat dari bahan katun sederhana dengan desain yang minim. Fungsi utamanya adalah untuk digunakan tim saat bertanding. 

Seiring perkembangan zaman, jersey sepak bola mulai mengalami perubahan, baik dari segi bahan, desain, maupun teknologinya. Sepak bola sebagai olahraga yang digemari banyak orang, secara perlahan mulai menarik perhatian dunia fashion.

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Protes Jersey Latihan Baru Timnas Indonesia, Ini Katanya..

Asal-usul penggunaan jersey sepak bola


Detroit Tigers tim baseball pertama yamg menggunkan jersey dengan nomor punggung di tahun 1901 -USS Feeds-

Pada tahun 1600-an, jersey pertama kali ditemukan dalam bentuk sweater. Satu abad kemudian, penggunaan jersey untuk tim olahraga baru populer di tanah Eropa. 

Pada tahun 1859 jersey awalnya digunakan oleh tim baseball. Tim baseball pertama yang tercatat menggunakan jersey dengan nomor punggung adalah Detroit Tigers di tahun 1901. 

Kemudian tahun 1960-an barulah tim sepak bola mulai menggunakan jersey dengan nomor punggung di belakang mereka. Dua dekade kemudian, jersey basket mulai digunakan sebagai fashion dengan gaya streetwear

Di tahun 2021 barulah istilah Block Core muncul dengan meggunakan jersey sepak bola vintage

BACA JUGA:PSSI Gandeng Erspo Apparel, Ini Wujud Jersey Baru Timnas Indonesia

Faktor pendorong transformasi jersey sepak bola menjadi tren fashion


Jersey kolaborasi AC Milan x Puma x Nemen di tahun 2022/2023-Puma-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber