Pilpres Usai dengan Damai

Pilpres Usai dengan Damai

ILUSTRASI pilpres usai dengan damai. Prabowo-Gibran ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2024. Prabowo pun sudah bertemu Ketum Nasdem Surya Paloh.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pilpres 2024 selesai. Hasilnya sudah diumumkan. Tanpa keributan. Hasil survei LSI Denny JA: 89,8 persen rakyat setuju pemenangnya Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pun, Prabowo disambut karpet merah oleh lawan politiknya, Surya Paloh.

ADA yang menarik dari hasil survei LSI itu. Yakni, mayoritas masyarakat pemilih paslon nomor urut 1 dan 3 ternyata juga setuju atas kemenangan Prabowo-Gibran. Mereka legawa. Hasil survei itu disampaikan Direktur SIGI LSI Denny JA Ardian Sopa di Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

Jumlah responden 1.200 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error sekitar 2,9 persen. Survei dilaksanakan 1 hingga 15 Maret 2024. Saat itu hasil quick count sudah menunjukkan paslon nomor urut 2 menang sangat jauh. Meraih suara sekitar 60 persen.

BACA JUGA: TPN Ganjar-Mahfud Siapkan Puluhan Saksi dan Ahli dalam Gugatan Hasil Pilpres ke MK

Maka, pertanyaan survei terhadap responden adalah seandainya Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya mengumumkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang, apakah Anda setuju? Hasilnya seperti di atas itu. Jumlah yang tidak setuju 9,3 persen. Sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Menariknya, 90,5 persen pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga menjawab setuju seandainya KPU mengumumkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang.

Sebanyak 79,9 persen responden yang saat pilpres mencoblos pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga menjawab setuju seandainya KPU mengumumkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Menang Pilpres, TKD Siap Menangkan Khofifah di Pilgub Jatim

Berdasar data itu, tergambar bahwa ketika hasil quick count menunjukkan Prabowo-Gibran menang, masyarakat pemilih paslon nomor urut 1 dan 3 sudah legawa, sejak survei berlangsung mulai 1 Maret 2024. Sudah selesai. Sudah damai.

Lalu, mengapa terjadi keributan menjelang dan saat KPU mengumumkan pemenang pilpres? Mengapa ada demo besar-besaran di Jakarta dari siang sampai malam, bahkan berakhir dini hari sesaat setelah KPU mengumumkan hasil pemenang pilpres pada Rabu, 20 Maret 2024? Seolah-olah bakal chaos?

Pasti masyarakat sudah paham, banyak demo bayaran. Apalagi, demo sampai menginap begitu. Pertanyaannya, siapa yang mengerahkan dan membayar para pendemo itu? Masyarakat juga sudah paham.

BACA JUGA: Resmi Terima Gugatan Amin, MK Optimis Selesaikan Sengketa Pilpres Selama 14 Hari

Lawan politik Prabowo-Gibran, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mengusung paslon Anies-Muhaimin, paling cepat bereaksi. Sehari setelah pengmuman KPU, Paloh langsung mengucapkan selamat kemenangan kepada Prabowo-Gibran. Meski begitu, Anies-Muhaimin masih meributkan dugaan kecurangan pilpres. Bahkan, Paloh mengundang Prabowo ke Nasdem Tower.

Prabowo benar-benar datang ke Nasdem Tower pada Jumat tengah hari, 22 Maret 2024. Prabowo disambut karpet merah, tergelar dari teras depan sampai lobi gedung. Prabowo disambut Paloh dengan wajah riang. Mereka berangkulan, cipika-cipiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: