Manfaat dan Risiko Konsumsi Suplemen Kalsium dan Vitamin D secara bersamaan

Manfaat dan Risiko Konsumsi Suplemen Kalsium dan Vitamin D secara bersamaan

Manfaat dan risiko konsumsi suplemen kalsium dan Vitamin D secara bersamaan. Konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D bersamaan dapat menurunkan risiko kanker, tapi juga meningkatkan potensi penyakit radiovaskular.-jcomp-freepik.com

HARIAN DISWAY - Penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D secara bersamaan mungkin bermanfaat sekaligus berisiko bagi perempuan pascamenopause.

Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D secara bersamaan, memberi manfaat tapi juga risiko. Khususnya bagi perempuan pascamenopause. 

Meskipun perempuan yang mengonsumsi kedua suplemen tersebut secara bersamaan mengalami penurunan risiko kematian akibat kanker, tapi konsumsi itu juga meningkatkan kemungkinan kematian akibat penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: Waspada, Kelebihan Vitamin D dapat Memicu Penyakit

Menurut Holly Thacker, MD, ahli penyakit dalam di Cleveland Clinic yang mengkhususkan diri pada menopause dan kondisi kesehatan perempuan, perempuan pascamenopause memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis. Karena kombinasi kalsium dan vitamin D membuat tulang kehilangan kepadatannya ketika estrogen turun pada masa tersebut. 

Osteoporosis terkait dengan kadar kalsium yang rendah, dan vitamin D membantu penyerapan kalsium. Itulah sebabnya banyak perempuan pascamenopause mengonsumsi kedua suplemen tersebut. 

Para ahli menyebut bahwa penelitian itu memberi wawasan bagi para perempuan, untuk berdiskusi dahulu bersama dokter atau penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen.

“Saya pikir segala yang berlebihan tidak selalu berdampak baik,” kata Anuradha Lala-Trindade, MD, seorang ahli jantung di Mount Sinai, seperti dilansir Health. “Suplementasi harus dijamin dan bersifat individual berdasarkan risiko dasar dan potensi manfaatnya,” tambahnya.

Melalui penelitian tersebut, para ahli menjelaskan bagaimana suplemen kalsium dan vitamin D dapat memengaruhi wanita pascamenopause dan apa yang harus dipertimbangkan sebelum mengonsumsinya.

BACA JUGA:Ramai Anjuran Minum Vitamin D3 5000 IU Setiap Hari, Ini Dosis dan Efek Sampingnya


Manfaat dan risiko konsumsi suplemen kalsium dan Vitamin D secara bersamaan. Mengonsumsi kalsium dan vitamin D secara bersamaan dapat bermanfaat, tapi juga berisiko.-dj film-stocksy

Hubungan Kalsium dan Vitamin D dengan Risiko Penyakit

Para peneliti menganalisis catatan lebih dari 36 ribu wanita pascamenopause yang terdaftar dalam Women's Health Initiative. Yakni sebuah program yang didanai oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS yang telah berjalan sejak tahun 1992.

Selama sekitar tujuh tahun, sebanyak setengah dari peserta mengonsumsi seribu miligram (mg) kalsium karbonat (termasuk 400 mg unsur kalsium) dan 400 unit internasional (IU) vitamin D3, atau suatu bentuk vitamin D yang diproduksi manusia secara alami. Peserta sisanya menggunakan plasebo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: health.com