Hoaks sebagai Salah Satu Implikasi Nyata Penyalahgunaan Internet

Hoaks sebagai Salah Satu Implikasi Nyata Penyalahgunaan Internet

Kegiatan literasi digital yang terselenggara di Gedung Pascasarjana Universitas Tadulako, Palu, pada Selasa, 19 Maret 2023. --Kemenkominfo

PALU, HARIAN DISWAY - Kemenkominfo menggelar kegiatan literasi digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. Fenomena itu muncul seiring derasnya arus modernisasi sebagai dampak pesatnya perkembangan teknologi.

Menurut Ketua Tim Literasi Digital sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso, di Gedung Pascasarjana Universitas Tadulako, Palu, pada Selasa, 19 Maret 2023, internet menyimpan banyak potensi. Tapi, perlu digarisbawahi bahwa potensi tersebut tidak melulu berimbas positif.

“Internet mempunyai dua dampak. Yaitu dampak positif dan dampak negatif. Kita harus memperbanyak konten-konten positif untuk mengimbangi konten-konten negatif di internet,” ujarnya.

BACA JUGA: Gandeng Kampus, Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Civitas Akademika

Bambang mengimbau seluruh peserta untuk turut berkontribusi di ruang digital dengan menciptakan konten-konten positif guna memerangi berita hoaks yang banyak beredar.

“Harapannya kegiatan literasi digital yang terselenggara bersama Universitas Tadulako ini dapat memberikan pemahaman praktis kepada peserta agar tidak lagi terjadi penyalahgunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Bambang menyampaikan empat pilar literasi digital yang penting untuk diketahui para peserta. Berbekal empat pilar literasi digital, pemahaman para peserta tentang internet semakin meningkat ke arah yang lebih baik.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Ahmad Herman menyambung paparan Bambang dengan dualisme teknologi. Dia mengatakan bahwa teknologi adalah way of life tapi dapat juga menjadi senjata yang berbalik bagi penggunanya. Salah satunya adalah kemunculan hoaks.

“Hoaks muncul dari penyalahgunaan teknologi dan informasi. Gencar dan tidak dapat dihentikan 100 persen. Yang mampu kita lakukan adalah menekan kemunculannya agar tidak berkembang menjadi masif dan menimbulkan gejolak sosial,” tutur Ahmad.

Ahmad melanjutkan paparanya dengan membagikan taktik agar kebal hoaks. Antara lain adalah baca keseluruhan isi berita, berpikir kritis, serta check dan recheck.


Kemenkominfo menggelar kegiatan literasi digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. --Kemenkominfo

Cara lainnya adalah mengurangi baper terhadap informasi yang sensitif, menahan jempol sebelum sharing, berlapang dada, toleran, dan sabar dalam berinteraksi. Yang tidak kalah penting adalah melatih integritas dengan selalu jujur dan adil terhadap berita yang benar.

BACA JUGA: Kemenkominfo: Mahasiswa di Indonesia Bisa Belajar Bikin Game lewat IGDX 2023

Kiat-kiat juga disampaikan oleh Fajar Eri Dianto dari Pandu Digital Badge Hitam. Para peserta, khususnya para mahasiswa Universitas Tadulako, harus mampu mendekonstruksi informasi yang didapatkan lewat internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: