Bukan Arema! Ternyata Ini Rival Bebuyutan Persebaya, Sudah Bersaing Sejak 1950-an..

Bukan Arema! Ternyata Ini Rival Bebuyutan Persebaya, Sudah Bersaing Sejak 1950-an..

Persebaya ternayata sudah berseteru dengan Persija di lapangan hijau sejak tahun 1950-an di era Perserikatan-X @Kang_Opee-

HARIAN DISWAY - Derbi Jatim Arema vs Persebaya akan digelar, Rabu, 27 Maret 2024. Tapi, ternyata Persebaya memiliki rival lain sebelum Arema lahir.

Anda sudah tahu, Persebaya sudah jauh lebih dulu ada daripada Arema. Persebaya sudah berdiri sejak 1927. Kala itu Persebaya sudah eksis sebagai tim kuat asal Indonesia yang sebelumnya bernama SIVB (Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond).

Sejak saat itu Persebaya sudah bergelut dengan tim-tim era Perserikatan, seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, Persis Solo, PSM Madiun, dan PSIM Jogjakarta. 

Nama besar Persebaya telah  telah malang melintang di panggung sepak bola Indonesia. Namun, di balik gemerlapnya kemenangan prestasi Bajol Ijo (sebtuan Persebaya), ternyata tersembunyi rival yang tak kalah menawan, yakni Persija Jakarta.

BACA JUGA:Sejarah Rivalitas Persebaya vs Arema: Dari Era Galatama, Hingga Gelar Juara


Persebaya menjadi juara di era Perseriaktan tahun 1988 di Senayan setelah mengalahkan Persija Jakarta -X @Maz_Riyadi-Duel sengit antara kedua tim itu menjadi laga klasik yang selalu menarik untuk disaksikan. Kultur sepak bola cepat dan keras ala Surabaya, melawan gaya permainan atraktif khas Ibukota. 

Perseteruan antara Persebaya dan Persija sudah terjadi sejak tahun 1950-an. Kala itu kedua kesebelasan sudah sering bentrok di partai puncak kompetisi tertinggi Liga Indonesia kala itu. 

Sehingga bisa disimpulkan bahwa sejarah rivalitas Persebaya dan Persija itu tercipta, murni karena duel di dalam lapangan. Bukan karena adu gengsi dan kerusuhan kedua belah pendukung. 

Di masa itu Persebaya dan Persija terkebal sebagai dua tim yang paling banyak mengumpulkan trofi. Sehingga, kedua kesebelasan dapat dikatakan sebagai tim tersukses di Indonesia. 

BACA JUGA:Head-to-Head Arema vs Persebaya: Bajol Ijo 4, Singo Edan 0


Skuad juara Persija di era Perserikatan tahun 179-X @JerseyLigina-

Dari data yang dihimpun Harian Disway, Persija berhasil merengkuh lima gelar perserikatan dan empat kali juara Stedenwedstrijden.

Sedangkan Persebaya bisa meraih empat gelar juara era perserikatan dan dua gelar juara liga Indonesia. Sehingga dua tim itu menjadi tim yang disegani di Indonesia. 

Di tahun 1952, Persebaya berhasil mengalahkan Persija pada babak enam besar. Sehingga, di akhir kompetisi Persebaya keluar sebagai juara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber