Bukan Arema! Ternyata Ini Rival Bebuyutan Persebaya, Sudah Bersaing Sejak 1950-an..

Bukan Arema! Ternyata Ini Rival Bebuyutan Persebaya, Sudah Bersaing Sejak 1950-an..

Persebaya ternayata sudah berseteru dengan Persija di lapangan hijau sejak tahun 1950-an di era Perserikatan-X @Kang_Opee-

Yang paling dikenang adalah ketika Persebaya berhasil menjadi juara perserikatan musim 1987/88 dengan mengalahkan Persija 3-2 di pertandingan final. Sebab, di tahun tersebut Persebaya mempraktikkan sepak bola gajah dengan mengalah 12-0 atas Persipura. 

Pada tahun 1973, giliran Persija yang mampu mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0. Dan memastikan gelar jawara Liga Indonesia ketujuh yang mereka miliki. 

BACA JUGA:Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya: Bajol Ijo Tak Pernah Kalah dalam 5 Laga Terakhir


Persebaya saat meraih gelar juara di tahun 2004 usai menumbangkan Persija di pekan penentuan-X @footballinanews-

Macan Kemayoran (sebutan Persija) kembali mengulang prestasinya pada tahun 1975 dan 1979. Namun, di tahun 1978 Persebaya bisa memutus dominasi Persija dengan memenangkan turnamen di tahun itu. 

Sejak final tahun 1978, kedua tim tidak lagi pernah bertemu dalam sebuah partai final. Terakhir kali keduanya bertemu di partai puncak saat Piala Gubernur Jatim 2020 di Gelora Delta Sidoarjo. Saat itu, Persebaya bisa menerkam Macan Kemayoran dengan skor 4-1. 

Di era Liga Indonesia, Persebaya dan Persija menjadi tim yang cukup disegani ole tim Indonesia lain. Persebaya berhasil mengemas dua kali juara di era Liga Indonesia. Tepatnya pada musim 1996-1997 dan 2004.

Gelar juara Persebaya yang direngkuh tahun 2004 diperoleh Persebaya, setelah berhasil mengalahkan Persija dengan skor 2-1 pada pekan penentuan.

BACA JUGA:Paul Munster Bawa 21 Pemain untuk Laga Arema FC vs Persebaya

Sementara Persija berhasil juara pada tahun 2001 silam. Persija berhasil meraih gelar juara liga Indonesia tahun 2001 silam setelah mengalahkan Persebaya dengan skor 2-1 di babak semifinal.

Itulah kisah singkat pereseturan di lapangan antara Persebaya dan Persija Jakarta. Maka, Arema bukanlah satu-satunya rival Persebaya di Liga Indonesia. 

Sebab, Persebaya sudah lebih dulu lahir sebelum Arema. Dan rival Persebaya di masa itu adalah Persija Jakarta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber