5 Tip Jitu Agar Konsisten Salat Duha saat Ramadan

5 Tip Jitu Agar Konsisten Salat Duha saat Ramadan

Salat duha adalah salah satu ibadah sunah yang dianjurkan dalam Islam. Terutama jika dikerjakan di bulan Ramadan karena salat duha ini memiliki keutamaan tersendiri. --

HARIAN DISWAY - Salat duha adalah salah satu ibadah sunah yang dianjurkan dalam Islam. Terutama jika dikerjakan di bulan Ramadan karena Salat duha ini memiliki keutamaan tersendiri.

Namun, bagi sebagian orang, memulai dan konsisten dalam menjalankan salat duha bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut lima tip yang bisa membantu Anda memulai dan konsisten menjalankan salat duha di bulan Ramadan.

1. Memahami Keutamaan Salat Dhuha

Niat yang kuat adalah kunci dalam menjaga konsistensi dalam melaksanakan salat duha. Tetapkan niat yang tulus dan sungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah ini.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Aplikasi Bantu Saat Ramadan Guna Memperdalam Ibadah

Itu sebagai bentuk pengabdian kepada Allah dan upaya meningkatkan hubungan spiritual Anda. Ingat, salat duha adalah kesempatan mendapatkan pahala yang besar dan berkah yang melimpah di bulan Ramadan.

Di antara keutamaan salat duha antara lain sedekah, sebagai investasi amal cadangan, keuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan hidupnya, pahala haji dan umrah, diampuni semua dosanya walapun sebanyak buih di laut, mendapatkan istana di surga.

Dengan memahami keutamaan ini, Anda akan lebih termotivasi untuk menjalankan Salat dhuha secara konsisten. Terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

BACA JUGA: Kemenkumham Jatim Sambut Baik Monev Edisi Ramadan Tim Ditjen Pemasyarakatan

2. Menjadwalkan Waktu

Salah satu alasan utama banyak orang kesulitan menjalankan salat duha adalah karena kurangnya perencanaan waktu. Di bulan Ramadan, waktu terasa sangat berharga karena kesibukan dengan ibadah lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membuat jadwal waktu yang memungkinkan Anda meluangkan waktu untuk Salat  dhuha. Anda dapat menjadwalkan waktu ini setelah menjalankan ibadah tahajud atau sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

3. Memulai dengan Sedikit

Jika Anda merasa sulit untuk memulai, mulailah dengan sedikit. Misalnya, Anda dapat memulai dengan hanya dua rakaat salat duha. Tujuan utamanya adalah membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah ini secara konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: