7 Orang Meninggal Akibat Longsor Bandung Barat, 3 Warga Masih Dalam Pencarian

7 Orang Meninggal  Akibat Longsor Bandung Barat, 3 Warga Masih Dalam Pencarian

Perkampungan Sinargalih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat yang hancur karena bencana longsor -BNPB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan total 7 orang meninggal dunia dalam peristiwa longsor di Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Peristiwa hujan deras yang diikuti tanah longsor tersebut terjadi di Kampung Joglo, Desa Sirnagalih, dan Kampung Gintung Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Minggu, 24 Maret 2024 lalu. 

Hingga Jumat, 29 Maret 2024, pusdalops BNPB melaporkan bahwa 3 orang warga masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan. 

BACA JUGA:Sembilan Orang Dinyatakan Hilang Pasca Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Bandung Barat  

Selain 7 orang yang meninggal dunia dan 3 yang masih hilang, 2 orang dinyatakan selamat. 

Upaya penanganan dan pencarian korban hilang dalam kejadian longsor Bandung Barat ini terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bandung Barat beserta Tim SAR Gabungan yang berjumlah total 589 personil. 

"Mereka pantang menyerah dalam melakukan proses pencarian korban meski terkendala oleh cuaca yang tidak bersahabat," kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam pernyataan resmi pada Jumat malam, 29 Maret 2024.  

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Bogor Laporkan Satu Warga Tertimbun Longsor Usai Hujan Deras

Peristiwa banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bandung Barat turut berdampak pada rumah warga yang rusak. Berdasarkan laporan yang berhasil dihimpun pada Jumat, di wilayah Kecamatan Cipongkor terdapat 46 rumah rusak ringan, 3 rumah rusak sedang, 47 rumah rusak berat dan 1 fasilitas pendidikan rusak berat. 

Sementara untuk wilayah Kecamatan Rongga tercatat 144 rumah rusak ringan, 47 rumah rusak sedang, 70 rumah rusak berat serta sawah seluas 47 hektar terdampak.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: