BPBD Kabupaten Bogor Laporkan Satu Warga Tertimbun Longsor Usai Hujan Deras

 BPBD Kabupaten Bogor Laporkan Satu Warga Tertimbun Longsor Usai Hujan Deras

BPBD Kabupaten Bogor melakukan penanganan dan evakuasi warga terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 24 maret 2024.--BPBD Kabupaten Bogor

HARIAN DISWAY - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapatkan laporan satu orang warga Desa Sentul tertimbun bencana longsor pada Minggu, 24 Maret 2024 sekitar pukul 18.00 WIB. 

Longsor yang terjadi di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini disebabkan oleh hujan deras yang melanda wilayah tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyampaikan, tim evakuasi telah melakukan upaya pencarian sejak laporan diterima pada Minggu 24 Maret 2024.

BACA JUGA:Demak dan Kudus Masih Terendam Banjir, Pemkab dan BPBD Layani Kebutuhan Pengungsi

Namun karena hujan masih terus turun, maka upaya evakuasi sempat dihentikan dengan pertimbangan keselamatan tim. Evakuasi kemudian dilanjutkan pada keesokan paginya pada Senin 25 Maret 2024.

Berdasarkan laporan yang diterima, longsor juga menyebabkan satu orang lainnya mengalami luka sedang, yang saat ini telah mendapat perawatan di rumah sakit.


Banjir di Desa Babakan Madang, Kecamatan Sentul, Kabupaten Bogor pada Minggu malam, 24 Maret 2024-BNPB-

Selain Kabupaten Bogor, wilayah lain yang dilanda banjir dengan rentang ketinggian 30-200 sentimeter meliputi Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Parung, Kecamatan Cibinong, Kecamatan Bojonggede, dan Kecamatan Kemang.

BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Peduli Korban Banjir di Jawa Tengah

Banjir mengakibatkan 959 unit rumah warga terendam dan 5 diantaranya mengalami kerusakan ringan. Dengan dampak yang dibawa banjir, sebanyak 219 jiwa memilih untuk mengungsi di tempat yang lebih aman. 

Meski demikian, pada Senin pagi BPBD menginformasikan  sejumlah pengungsi sudah mulai kembali ke rumah masing masing guna melakukan pembersihan sampah yang  terseret banjir.

BNPB terus melakukan penghimbauan kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu siap siaga akan terjadinya banjir dan longsor di wilayah pemukiman.

BACA JUGA:Drainase Tertutup Lumpur, Tiga Distrik di Jayapura Alami Banjir

Salah satunya dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap hujan, dan segera melakukan evakuasi apabila hujan deras terjadi selama lebih dari satu jam. Selain itu, BNPB juga meminta warga untuk memantau kondisi drainase dan tanah secara rutin.(Hayu Anindya Azzahra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb