Garuda Makin Kuat, Pelatih Filipina: Kami Bisa Kalahkan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Garuda Makin Kuat, Pelatih Filipina: Kami Bisa Kalahkan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Filipina mengaku siap mengalahkan Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2024-Instagram @tomsaintfiet-

HARIAN DISWAY - Timnas Filipina tidak mau silau oleh prestasi timnas Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Pelatih Filipina Tom Saintfiet berkoar timnya bisa mengalahkan Garuda dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Filipina akan bertamu ke Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 11 Juni 2024 mendatang. Setelah itu, mereka harus jumpa Vietnam. Filipina wajib menang atas keduanya jika masih ingin lolos ke babak ketiga kualifikasi.

"Kami bisa mendapatkan tujuh poin. Dan jika kami berhasil, itu berarti kami mampu mengalahkan Indonesia di kandang mereka," tegas Saintfiet melalui ABC CBN News.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia Selanjutnya: Lawan Irak dan Filipina, Optimis Lolos?

Saintfiet memang harus memompa semangat anak buahnya dengan cara apa saja. Sebab, posisi mereka di klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 sangat tidak menguntungkan.


PELATIH Filipina berkoar kalahkan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: Kesedihan pemain Filipina ketika dihajar Irak 5-0.-Inquiry Sports-

Mereka terjebak sebagai juru kunci Grup F dengan 1 poin. Di bawah Irak (10 poin), Indonesia (7), dan Vietnam (3). Hanya ada 2 pertandingan tersisa. Dan Filipina harus melawan Indonesia serta Vietnam.

The Azkals (sebutan Timnas Filipina) hanya bisa meraih satu poin dalam 4 laga sebelumnya. Poin itu pun didapat saat menjamu Indonesia di Manila, 21 November 2023 lalu. Sisanya, mereka kalah melawan Irak (0-1 dan 0-5), dan Vietnam 0-2 di putaran pertama.

BACA JUGA:Sejarah Tercipta! Timnas Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Kandang Vietnam Sejak 2004: Skor 0-3

BACA JUGA:Alhamdulillah! Timnas Indonesia Raih Kemenangan Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kalahkan Vietnam 1-0

Namun, Saintfiet tetap mengutarakan keyakinannya bahwa mereka bisa mengalahkan Vietnam dan Timnas Indonesia. Filipina ingin melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Menurut pemahaman saya, head-to-head dihitung sebelum selisih gol," kata Saintfiet.

"Jadi, jika kami mampu mengalahkan Indonesia, dan mereka bermain imbang di sini (hasil 1-1 di pertemuan sebelumnya, Red), itu berarti kami akan unggul atas Indonesia," jelas pelatih asal Belgia itu, menghitung kemungkinan timnya lolos.

Jika dilihat dari ketentuan FIFA, dalam sistem kualifikasi yang masih berformat round robin, tie breaker ditentukan lebih dulu oleh selisih gol. Indonesia, hingga saat ini, memiliki selisih gol 0. Sedangkan Filipina -8, gara-gara kekalahan telak 0-5 oleh Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: abc cbn news