Astaga! Tiket Mudik Gratis Dijual di Facebook Rp250 Ribu, Kemenhub Beri Peringatan Tegas

Astaga! Tiket Mudik Gratis Dijual di Facebook Rp250 Ribu, Kemenhub  Beri Peringatan Tegas

Salah satu armada bus yang akan digunakan untuk mudik gratis Kemenhub.-Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Tiket mudik yang diperjualbelikan oleh oknum calon ramai diperbincangkan di dunia maya. Isu tersebut mencuat dalam sebuah perbincangan di grup Facebook Info mudik Gratis 2024. 

Dalam sebuah postingan yang kembali diunggah oleh komunitas penghobi transportasi Jalur 5, seorang pengguna dalam grup tersebut menyatakan memiliki 3 lembar tiket mudik gratis dari Depok ke Wonogiri untuk tanggal 6 April 2024. 

Ia menawarkan ketiga tiket tersebut dengan harga Rp250 ribu. 

BACA JUGA:Bandara Dhoho Kediri Siap Sambut Pemudik, Batik Air dan Super Air Jet Sudah Kantongi Izin Rute


Unggahan tiket mudik gratis yang dijual kembali -Jalur 5- 

Sontak para warganet yang mengetahui unggahan tersebut mengkritik pengguna tersebut. Seperti namanya, tiket mudik gratis adalah gratis dan tidak boleh diperjualbelikan. 

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyatakan bahwa tiket mudik gratis disediakan melalui sistem kuota. Sehingga pendaftar awal yang berhak mendapatkan kursi di armada mudik gratis. "Sistemnya sama seperti sebelumnya, siapa cepat dia dapat," ungkap Hendro di Jakarta, Jumat, 29 Maret 2024 lalu. 

BACA JUGA:Penyeberangan Jangkar-Kalianget Diprediksi Padat Selama Mudik, Dirjen Hubla Kemenhub Berikan Beberapa Arahan

Tentang tiket mudik gratis moda bus yang diperjualbelikan, Hendro menegaskan bahwa masyarakat yang sudah mendapatkan tiket tidak boleh menjualnya kembali. 

Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta pada Senin, 1 April 204.

Ditjen Perhubungan Darat telah menyiapkan kuota tambahan untuk 10.000 orang sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kuota ini. Ditambah dengan kuota sebelumnya yang mencapai 30 ribu orang, total kuota yang disediakan adalah 40.088 orang. 

Mudik gratis ini disediakan pemerintah untuk mengurangi jumlah pemudik dengan sepeda motor. Juga untuk memberikan bantuan pada masyarakat agar bisa pulang ke kampung halaman dengan aman, nyaman dan selamat.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: