Kelamnya Wang-Ta, Pyramid Game: Potret Perundungan Siswa di Korea Selatan

Kelamnya Wang-Ta, Pyramid Game: Potret Perundungan Siswa di Korea Selatan

Deretan pemeran Pyramid Game yakni Shin Seul-ki (kiri), Ryu Da-in, Jang Da-ah (atas), Bona WJSN (bawah), dan Kang Na-eon (kanan). Kanan atas: Keangkuhan Baek Ha-rin (Jang Da-ah) yang kerap merundung Myung Ja-eun di Pyramid Game. --Pyramid Game

Secara keseluruhan, author dan komikus Dalggonyak berhasil mencerminkan kelamnya perundungan di sekolah di Korea Selatan. Di sisi lain juga memberikan optimisme untuk melawan perundungan walaupun harus tertatih-tatih.

Belum lagi ditambah guru-guru dan orang tua murid yang mengedepankan citra baik. Padahal, sekolahnya sangat bobrok dengan segala jenis kekerasan.

BACA JUGA: Song Kang Wamil, Ini 5 Drakor yang Bisa Di-Rewatch untuk Obat Kangen

Di akhir, penonton menyadari bahwa akar masalahnya tak jauh-jauh dari keluarga dan trauma masa kecil. Biasanya, para pelaku perundungan itu melampiaskan masalah keluarganya kepada para korban yang dirasa lebih lemah.

Sama halnya seperti Da-yeon yang kerap dipukuli oleh ayahnya dengan tongkat golf di rumah. Ha-rin pun pernah mencela Da-yeon, “Kau itu level F di rumahmu”. Ironis. Di balik semua keangkuhannya, Ha-rin sebetulnya termasuk level F juga.

Penasaran? Saksikan Pyramid Game di platform-platform kesayangan Anda. (*)

Oleh Annisa Dyah Novia Arianto: Mahasiswa Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: