Kilang Balikpapan Akan Jadi yang Terbesar di Indonesia: Pertamina Rampungkan Awal Mei 2024

Kilang Balikpapan Akan Jadi yang Terbesar di Indonesia: Pertamina Rampungkan Awal Mei 2024

CEO Pertamina, Nicke Widyawati, saat mengunjungi lokasi proyek RDMP di Balikpapan pada hari Selasa, 2 Februari 2024.-Pertamina-

BALIKPAPAN, HARIAN DISWAY - Pertamina saat ini sedang memusatkan perhatian untuk menyelesaikan Rencana Induk Pengembangan Kilang (RDMP) di Balikpapan.  Proyek tersebut mencapai tonggak penting dengan program Turn Around (TA) Revamp yang ditargetkan selesai pada awal Mei 2024.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Pertamina, Nicke Widyawati, saat mengunjungi lokasi proyek RDMP di Balikpapan pada hari Selasa, 2 Februari 2024.

Program TA Revamp bertujuan untuk mengintegrasikan unit kilang yang ada dengan unit baru yang dihasilkan dari proyek RDMP.

Keberhasilan proyek RDMP Balikpapan akan meningkatkan kapasitas produksi Kilang Balikpapan sebesar 100 ribu barel per hari, sehingga kapasitas produksinya akan meningkat dari 260 ribu barel per hari awal menjadi 360 ribu barel per hari.

"Kami semua berdoa dan mendukung penuh agar proses revamping berjalan lancar, yang merupakan tonggak penting bagi proyek RDMP ini untuk meningkatkan kapasitas," kata Nicke.

BACA JUGA:Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Siagakan Satgas RAFI Saat Mudik dan Lebaran

BACA JUGA:Mudik Asyik Pertamina 2024: 4 Ribu Pemudik Pulang ke 17 Kota Tujuan

Nicke juga menekankan bahwa membangun proyek sebesar dan sekompleks RDMP Balikpapan tidaklah mudah, namun Pertamina, melalui PT Kilang Pertamina Internasional dan seluruh tim yang terlibat, telah membuktikan bahwa dengan komitmen penuh dan kerja sama yang kuat, mereka dapat mengatasi tantangan tersebut.


Pertamina saat ini sedang memusatkan perhatian untuk menyelesaikan Rencana Induk Pengembangan Kilang (RDMP) di Balikpapan. -Pertamina-

"Kami bertekad untuk menyelesaikan proyek ini karena telah dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Proyek ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi ekonomi Indonesia. Pertamina bangga memiliki proyek sebesar ini," tambah Nicke.

Ketika RDMP Balikpapan selesai, maka ini akan menjadi kilang minyak terbesar di Indonesia. Kapasitas Kilang Balikpapan akan melampaui kapasitas Kilang Cilacap, yang saat ini menjadi kilang dengan kapasitas terbesar.

Kilang Cilacap saat ini mengolah 345 ribu barel minyak per hari (bph). Sementara itu, Kilang Balikpapan nantinya akan dapat mengolah minyak mentah sebanyak 360 ribu bph.

Selain meningkatkan kapasitas pengolahan minyak, juga akan ada penambahan produksi produk petrokimia hingga 225 ribu ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: