Feri Amsari: MK Belum Tuntas Ungkap Semua Dalil Kecurangan

Feri Amsari: MK Belum Tuntas Ungkap Semua Dalil Kecurangan

Pakar hukum tata negara Feri Amsari.--

HARIAN DISWAY - Meski persidangan sudah selesai, MK dinilai masih belum mengupas tuntas segala dalil kecurangan Pilpres 2024. Dalil-dalil kecurangan tersebut sebagaimana termuat dalam permohonan sengketa capres-cawapres nomor urut 1 dan 3 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Memang kegagalan sidang MK dalam menjawab semua subtansi persoalan dengan baik dengan melibatkan pihak-pihak yang tepat," ujar pakar hukum tata negara, Feri Amsari, Minggu, 7 April 2024.

"MK juga membatasi hak-hak para pihak untuk menggali para saksi atau pemberi keterangan lain seperti para menteri. Di sini memang tidak tuntas berbagai hal yang semestinya digali lebih jauh," lanjut dia.

Ada beberapa dalil permohonan yang dinilai belum digali cukup dalam.

BACA JUGA:Hasto Ngotot Ingin Jokowi Dihadirkan di MK

BACA JUGA:Inilah Respons Gibran Tanggapi Pemanggilan 4 Menteri di MK

Salah satunya, MK memanggil empat menteri untuk memberi keterangan terkait politisasi bantuan sosial (bansos) demi memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Akan tetapi, Mahkamah tidak melakukan hal serupa guna mendalami dugaan pengerahan aparat negara oleh Istana untuk mendongkrak Prabowo-Gibran, baik melalui kepala desa, lurah, camat, kepala daerah/penjabat kepala daerah, hingga aparat TNI dan Polri.

Feri menilai, semestinya MK perlu juga mendalami hal-hal tersebut.

Pasalnya, lembaga penjaga konstitusi itu diharapkan tidak hanya berkutat pada perselisihan hasil perolehan suara.

BACA JUGA:Yang Tampak dari Panggung Sidang MK

BACA JUGA:Giliran Pihak Prabowo-Gibran Beri Keterangan di MK

Tetapi juga menukik lebih substantif untuk menegakkan asas-asas penyelenggaraan pemilu yang diamanatkan konstitusi. "MK itu tidak sekadar mengadili proses ataupun perselisihan hasil, tetapi jauh lebih dari itu," ujar mantan Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas tersebut.

"MK (jika) mencoba menemukan apakah kecurangan terjadi secara pidana karena harus menggalinya melalui pendekatan pidana juga, atau secara administrasi maka harus menggalinya juga secara administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: