Ziarah Kubur saat Lebaran, Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca

Ziarah Kubur saat Lebaran, Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca

Bacaan doa ziarah kubur saat Lebaran. --Radarutara.id

HARIAN DISWAY - Ziarah kubur telah menjadi tradisi yang tak terpisahkan dari umat muslim. Terutama saat menjelang Lebaran Idulfitri. Saat berziarah ke makam, kita diajak untuk tidak hanya mengenang orang-orang yang telah meninggal.

Tapi tidak itu saja yang dilakukan. Ziarah kubur juga dianggap sebagai momen untuk merefleksikan hidup dan mengingatkan kita akan kepastian kematian sehingga kita sebaiknya membaca doa-doa memohonkan ampunan.

Selain itu, ziarah kubur juga sebagai pengingat tentang persiapan untuk kehidupan di akhirat. Karena itulah tradisi ini sangat dianjurkan dalam ajaran Islam, sebagaimana yang disampaikan dalam hadis Rasulullah SAW.

BACA JUGA: Bacaan Doa Perjalanan Jauh Untuk Mudik Lebaran Agar Selamat Sampai Tujuan

"Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan air mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)". Demikian HR Hakim

Meskipun tidak ada larangan khusus untuk berziarah pada saat Idulfitri, momen ini dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melakukan ziarah kubur karena kesempatan libur yang panjang dan kebersamaan dengan keluarga.

Saat berkunjung ke makam, kita diharapkan untuk membaca beberapa doa yang sudah diajarkan dalam ajaran Islam. Berikut bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca pada saat berziarah ke makam.

BACA JUGA: Baca Doa Kamilin Yuk! Amalan Khusus Ramadan setelah Tarawih untuk Kesempurnaan Iman

1. Mengucapkan salam ketika memasuki makam

السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Assalâmu 'alâ ahlid diyâr minal mu'minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta'khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn.

Artinya: Assalamualaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul) kami. Sesungguhnya kami insyaAllah akan menyusul kalian.

BACA JUGA: Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap dan Waktu Terbaik untuk Menunaikannya

2. Membaca istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi. Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: