BNPB Serahkan Dukungan Penanganan Darurat Banjir Pasuruan: Sedimentasi Sungai Segera Dikeruk

BNPB Serahkan Dukungan Penanganan Darurat Banjir Pasuruan: Sedimentasi Sungai Segera Dikeruk

Petugas BPBD Jatim dan Pasuruan berkeliling wilayah terdampak banjir Pasuruan-BNPB-

PASURUAN, HARIAN DISWAY – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dan dukungan penanganan darurat banjir pada Pemkot dan Pemkab PASURUAN pasca banjir akibat luapan sungai Welang yang melanda pada Selasa, 9 April 2024 lalu. 

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P memimpin rapat koordinasi penanganan banjir di Kantor BPBD Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Jumat, 12 April 2024.

Selain memimpin rapat, dilakukan juga pemberian bantuan secara simbolis bagi kedua pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuran yang terdampak banjir. 

Pada kesempatan ini, Fajar mengatakan, meskipun banjir sudah surut tetapi pemerintah daerah tetap harus waspada akan terjadinya potensi bencana yang sama di kemudian hari.

BACA JUGA:Banjir Terjang Kabupaten dan Kota di Pasuruan, Dua Orang Meninggal Dunia

BACA JUGA:Kepala BNPB Pantau Arus Balik Jatim dari Udara: Imbau Masyarakat Tetap Waspada Bencana

“(Bencana) Hidrometeorologi basah masih berlaku khususnya di sebagian Utara Pulau Jawa baik dari Banten, Jawa Timur, NTB dan NTT. Prediksi BMKG hujan akan terjadi sampai akhir April, sehingga kita unsur pemerintah, pemerintah daerah, pemerintah kota, dan TNI/Polri tetap untuk siap siaga ketika hujan dengan intensitas lebat, karena memungkinkan akan terjadi bencana,” ucap Fajar.


Petugas membersihkan sisa genangan banjir di salah satu perumahan di Kota Pasuruan-BNPB-

Terlebih kata Fajar, saat ini rangkaian arus mudik dan balik lebaran 2024 masih terus berlangsung. Jangan sampai bencana alam menganggu aktivitas masyarakat. Penanganan yang berkelanjutnya perlu terus diupayakan bersama, karena bencana adalah urusan bersama.

“Jika perlu ada perawatan tanggul silakan dirawat, normaliasi sungai biasanya sedimentasi ayo kita keruk, tanpa itu ke depan akan terjadi hal yang sama. Penanganan bencana adalah tugas kita bersama bukan hanya BNPB tapi semuanya, BNPB mengisi celah yang tidak ter -cover oleh daerah, BNPB akan masuk, itu sebagai bentuk kehadiran pemerintah pusat di daerah,” tutur Fajar.

BACA JUGA:Banjir di Pasuruan, Sidoarjo, Banyuwangi dan Bangkalan, Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jawa Timur

Untuk mempercepat penanganan darurat bencana banjir di Kota dan Kabupaten Pasuruan, BNPB memberikan bantuan dana operasional senilai 150 juta rupiah untuk masing-masing wilayah dan juga bantuan logistik peralatan berupa 300 paket sembako, 300 paket makanan siap saji, 300 lembar selimut, 300 lembar matras, 100 lembar kasur lipat, satu unit perahu karet plus mesin. 

Kemudian dua unit light tower, lima unit pompa alkon, lima unit penjernih air portable, dua set tenda pengungsi, lima set tenda keluarga dan 1.008 botol sabun cair.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: