616 Penumpang Ikut Balik Gratis Kementerian Perhubungan dari Terminal Purabaya, Bungurasih

616 Penumpang Ikut Balik Gratis  Kementerian Perhubungan dari Terminal Purabaya, Bungurasih

Suasana para pemudik yang tiba di Terminal Purabaya Sidoarjo menggunakan Bus Balik Gratis dengan rute Magetan - Surabaya pada Senin 15 April 2024-M Azizi Yofiansyah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Libur hari raya Idulfitri 1445 H sudah berakhir. Besok masyarakat sudah kembali bekerja. Aktivitas belajar mengajar di sekolah juga sudah dimulai. Ratusan warga mengikuti balik gratis yang diadakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Balik gratis ini dilaksanakan di sembilan terminal di Pulau Jawa. Di Terminal Purabaya, Bungurasi, Sidoarjo, ada 14 bus yang diberangkatkan. Khususnya ke DKI Jakarta. Bus tadi membawa 616 penumpang. Total bus yang digunakan untuk mudik dan balik gratis se-Indonesia ini sebanyak 950 unit.

Hari ini, 15 April 2024, semua bus arus balik gratis itu serentak berangkat dari sembilan terminal di Pulau Jawa dan Sumatera.

BACA JUGA: Arus Balik 13 April di Daop 8, Ada Penambahan Jumlah Kedatangan

BACA JUGA:Mengintip Seminar Ideologi Korea Utara di Pyongyang, Apa yang Dibicarakan?

Terminal itu di antaranya: Terminal Purabaya Sidoarjo, Terminal Purboyo Madiun, Terminal Giri Adipura Wonogiri, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Harjamukti Cirebon, dan Terminal Alang-Alang Lebar Palembang

“Untuk arus mudik dan balik ini, kami memberikan kuota 40.088 orang. Tujuannya ke 33 kota di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubag) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) kelas 2 Jatim, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Joko Umboro, Senin, 15 April 2024.

BACA JUGA:Hore! Ada nama Megatron di Uji Coba Pemain Asing V-League Musim Depan

BACA JUGA:Serunya Senam Dansa Bareng Dahlan Iskan di Kantor Harian Disway

Selain membawa penumpang, dilakukan juga pengangkutan untuk kendaraan roda dua. Kuota untuk arus balik ini ada 450 unit. Semua kendaraan itu dibawa menggunakan 30 truk. “Total ada 900 unit motor yang kita bawa. 450 unit motor, sudah dibawa saat arus mudik lalu,” bebernya.

Semua fasilitas itu diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk memastikan agar arus mudik dan balik di Idulfitri tahun ini bisa berjalan dengan baik. “Ini salah satu cara untuk menekan tingkat kecelakaan lalulintas selama arus mudik dan balik,” ucapnya. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: