Pasca Meletus, Status Gunung Ruang di Sulawesi Utara Masih Siaga, Jarak Aman 4 Km

Pasca Meletus, Status Gunung Ruang di Sulawesi Utara Masih Siaga, Jarak Aman 4 Km

Foto erupsi Gunung Ruang pada Rabu, 17 April 2024, dini hari, yang dirilis oleh PVBMG. -PVBMG Via AFP-

SITARO, HARIAN DISWAY – Warga Sulawesi Utara tidak bisa tidur nyenyak Selasa malam, 16 April 2024. Gunung Ruang yang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten SITARO, Sulawesi Utara, meletus. 

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanh Sulawesi dan Maluku Juliana D.J. Rumambi mengatakan bahwa erupsi terjadi pukul 19.19 WITA. 

Langit di atas gunung tersebut memerah. Warga yang tinggal di lereng Gunung Ruang langsung mengungsi. Ada 272 KK atau 838 jiwa dievakuasi. 


Erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara, Rabu, dini hari, 17 April 2024. -PVBMG-

Gempa susulan terjadi kembali pada Rabu, 17 April 2024, pukul 01.08 dini hari waktu setempat. Itu terekam dalam seismogram dengan amplitudi 55 mm dan durasi 2 menit. 

"Terdengar suara dentuman dan gemuruh erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," ujar Kepala PVBMG Hendra Gunawan. 

BACA JUGA:Kutukan Sidoarjo, Bupatinya Selalu Kena Kasus Korupsi

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (1): Ekonomi dan Premium Sama-Sama Hotel Bintang 5

Hingga pukul 05.00 dini hari waktu setempat erupsi Gunung Ruang masih terjadi. PVBMG merekomendasikan agar tidak ada yang mendekat ke Gunung Ruang dalam radius 4 km dari pusat kawah aktif. 

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sitaro berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sulawesi Utara sudah mengosongkan Pulau Ruang. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan pada peristiwa tersebut.

Saat ini status Gunung Ruang masih Siaga. Sehari sebelum meletus, pada 15 April 2024, status gunung tersebut masih dinyatakan normal. Aktivitas gunung memang ada namun dalam batas wajar.

Eskalasi meningkat pada 16 April 2024. PVBMG sempat menaikkan status dari Waspada ke Siaga level 3. Akhirnya erupsi terjadi pada Selama malam pukul 19.19 dan berlanjut hingga Subuh tadi. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: