Anda Punya Kulit Sensitif? Ikuti 5 Tip Memilih Skincare yang Tepat

Anda Punya Kulit Sensitif? Ikuti 5 Tip Memilih Skincare yang Tepat

Bagi pemilik kulit sensitif, pastinya akan sedikit tricky dalam menggunakan skincare. Berikut beberapa tip yang bisa Anda coba untuk memilih skincare yang tepat. --freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Apakah kulit Anda mudah mengalami ruam kemerahan, gatal, kering, perih, dan terasa terbakar? Jika ya, bisa jadi Anda memiliki kulit sensitif.

Orang dengan kulit sensitif tidak boleh sembarangan memilih produk perawatan kulit karena akan memperburuk gejala. Nah, penting untuk Anda ketahui bagaimana cara menentukan skincare yang tepat. 

Kulit sensitif adalah kondisi di mana kulit lebih rentan terhadap inflamasi, iritasi, atau reaksi alergi. Penyebab kulit sensitif berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini karena kulit bereaksi terhadap suatu zat atau karena kondisi kulit lain yang mendasarinya.

BACA JUGA: Waspada! Tiga Kesalahan Eksfoliasi Kulit yang Sering Terjadi menurut dr. Yessica Tania

Kulit sensitif biasanya lebih mudah bereaksi. Menyebabkan kulit menjadi kering dan cenderung berjerawat. Kulit sensitif juga lebih rentan terhadap sinar matahari. Jadi jika kulit mengelupas atau iritasi, perlu dirawat untuk menghindari masalah lainnya.

Apabila Anda termasuk pemilik kulit sensitif, inilah beberapa tip yang bisa Anda terapkan untuk memilih produk skincare yang cocok dengan kulit dan tidak mudah iritasi.

1. Lakukan uji coba

Sangat disarankan bagi penderita kulit sensitif untuk menjalani tes alergi sebelum menggunakan produk kosmetik atau perawatan kulit baru. Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala kulit sensitif yang muncul saat kulit terpapar bahan iritatif.

BACA JUGA: Ingin Kulit Sempurna? Berikut 6 Masker Wajah Efektif

Cara mengetahui tes produk kulit adalah dengan mengoleskan sedikit saja produk ke bagian kulit belakang telinga, punggung telapak tangan, atau bagian dalam siku. Tunggu  24 jam dan lihat apakah muncul tanda-tanda alergi atau tidak. 

Jika iya, sebaiknya tidak melanjutkan pemakaian produk skincare atau kosmetik itu di kulit wajah. Bila tidak, silakan lakukan tes uji satu hari lagi untuk benar-benar memastikan produk tersebut aman untuk kulit sensitif Anda.

2. Pelajari komposisi produknya

Sebelum membeli produk skincare apa pun, disarankan untuk membaca dengan teliti komposisi dan kegunaan produk tersebut. Pastikan produk skincare Anda bebas bahan pewangi dan pengawet paraben yang merupakan komposisi paling iritatif untuk kulit sensitif.

BACA JUGA: Ini Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: