Waspada! Tiga Kesalahan Eksfoliasi Kulit yang Sering Terjadi menurut dr. Yessica Tania

Waspada! Tiga Kesalahan Eksfoliasi Kulit yang Sering Terjadi menurut dr. Yessica Tania

Eksfoliasi kulit memang memiliki fungsi yang sangat penting. Tapi Anda harus waspada karena jika eksfoliasi kulit yang salah pasti akan berdampak serius. --freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Eksfoliasi adalah perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan debu kotoran yang menempel di permukaan kulit.  Eksfoliasi juga mampu membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih dan cerah apabila dilakukan dengan tepat dan rutin. 

Jika tertarik, Anda bisa juga mencobanya sendiri di rumah. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasilnya maksimal seperti jenis kulit hingga alat dan bahan eksfoliasi yang digunakan.

Pastikan bahwa cara eksfoliasi yang Anda lakukan sudah benar. Jangan sampai melakukan eksfoliasi secara sembarangan karena efeknya bisa merusak skin barrier, lho! Apa saja sih kesalahan yang sebaiknya dihindari? ini dia penjelasan dr. Yessica Tania. 

1. Terlalu Sering Eksfoliasi

Ketika Anda terlalu sering eksfoliasi, bukannya bikin tambah glowing justru merusak skin barrier. Kulit akan merah, perih dan mengelupas. Oleh karena itu, disarankan frekuensi untuk eksfoliasi harus diatur. Idealnya adalah 1-2 kali per minggu. 

Fungsi sel-sel kulit adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan. Jadi, jika eksfoliasi dilakukan berlebihan dan terlalu kencang, Anda bisa menghilangkan terlalu banyak lapisan sel kulit.

BACA JUGA: Tampil Menawan Selama Lebaran dengan 4 Rekomendasi Eye Makeup Look yang Bisa Anda Coba

Terlalu sering melakukan eksfoliasi akan mengekspos beberapa sel kulit baru yang berada di bawah lapisan atas kulit. Sel-sel baru ini belum siap untuk berada di lapisan paling atas.

Jadi, jika dilakukan terlalu sering. Anda mengupas penghalang kelembapan kulit dan memicu hal-hal yang berakibat iritasi kulit.

2. Tidak Disesuaikan Dengan Jenis atau Tipe Kulit

Sama seperti pelembap, Anda perlu memilih eksfoliator yang sesuai dengan kulit. Menggunakan jenis eksfoliator yang salah tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Jika Anda rentan terhadap jerawat, maka berhati-hatilah saat memilih eksfoliator. Pilih formula bebas paraben dan sulfat untuk menjaga kulit tetap sehat.

Pemakaian jenis eksfoliasi kulit juga penting untuk diperhatikan. Pastinya juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika Anda mempunyai kulit normal to oily bisa memakai salycylic Acid atau glycolic acid.

Tapi jika kulit Anda lebih ke sensitif atau kering bisa memakai lactic acid atau PHA.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: