Infertilitas Pria, Penyebab, Pencegahan, dan Solusi

Infertilitas Pria, Penyebab, Pencegahan, dan Solusi

Infertilitas pria, penyebab, pencegahan, dan solusi. Tak hanya perempuan. Gangguan kesuburan, gangguan reproduksi atau infertilitas dapat dialami pria.-freepik-freepik.com

Maka, menjaga keseimbangan dengan menonaktifkan ROS dengan antioksidan sangat penting untuk fungsi sperma yang normal.

Infertilitas pria, penyebab, pencegahan, dan solusi. Gangguan kesuburan disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya stres oksidatif yang dapat diatasi dengan antioksidan.-freepik-freepik.com

Solusi

Dr Aswati memaparkan, antioksidan dapat digunakan untuk mengatasi masalah stres oksidatif penyebab masalah tersebut. 

Antioksidan merupakan zat atau senyawa yang dapat menetralisir radikal bebas. Sehingga mengganggu reaksi berantai yang berujung pada stres oksidatif, yang jadi penyebab masalah kesuburan. 

Ia menjelaskan, “Dengan mengembalikan keseimbangan dan menghilangkan Reactive Oxygen Species (ROS), antioksidan meningkatkan motilitas dan morfologi serta mencegah kerusakan DNA pada sperma," ungkapnya.

BACA JUGA: Apa Itu Jerawat Vagina? Ketahui Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Senyawa antioksidan banyak terdapat dalam makanan, khususnya sumber nabati. Seperti buah-buahan dan sayuran. 

Vitamin C, vitamin E, zinc, dan selenium, adalah antioksidan penting bagi tubuh. Jadi antioksidan sangat penting dalam membantu tubuh menjaga keseimbangan antara radikal bebas. Pun, antioksidan meningkatkan kesehatan reproduksi.

Makanan yang mengandung antioksidan

Dr Nisha, Konsultan Ahli Gizi dan Ahli Gizi di Motherhood Hospitals di India, menyarankan makanan kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan sperma.

Kacang-kacangan dan biji-bijian: Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3, vitamin E, selenium, dan antioksidan. Kenari dapat membantu meningkatkan kualitas, motilitas, dan morfologi sperma.

BACA JUGA: Anemia Aplastik: Penyakit Langka Diduga Penyebab Kematian Babe Cabita, Ini Gejalanya..

Sedangkan almond kaya akan vitamin E, antioksidan yang membantu melindungi sel sperma dari kerusakan oksidatif dan dapat meningkatkan motilitas sperma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com