Apa Itu Jerawat Vagina? Ketahui Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahannya

Apa Itu Jerawat Vagina? Ketahui Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahannya

Apa itu jerawat vagina? Ketahui penyebab, pengobatan dan pencegahannya. Jerawat vagina bisa dicegah dan diobati. Perhatikan kebersihan pada area tersebut.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY - Jerawat vagina adalah topik yang jarang dibicarakan secara terbuka karena rasa malu atau masih dianggap tabu. Meskipun demikian, itu adalah masalah umum yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka yang mengalaminya. 

Dengan mengatasi penyebab dan solusi jerawat pada vagina, kita dapat menghilangkan stigma yang mengelilinginya dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Apa penyebab jerawat vagina?

Apa Itu Jerawat Vagina? Ketahui Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya. Menjaga kebersihan pada area vagina sangat penting, untuk mencegah jerawat vagina atau vaginal acne.-freepik-freepik.com

Menurut dr Shareefa Chause, Dermatolog di Mumbai, India, folikulitis terjadi ketika folikel rambut di vulva tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Hal itu dapat mengakibatkan terbentuknya benjolan merah bengkak yang menyerupai jerawat di wajah.

BACA JUGA: Perempuan Australia Punya Dua Vagina

Karena aliran udara yang terbatas, banyaknya bakteri, dan kelembapan yang lebih tinggi di area genital dibandingkan bagian tubuh lainnya, jerawat di vagina cenderung memiliki proses penyembuhan yang lebih lambat.

Pun rentan terhadap infeksi dan peradangan, dan sering kali meninggalkan bekas di kulit. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di vagina.

Seperti keringat berlebih dari berbagai kelenjar keringat di area tersebut, gesekan yang disebabkan oleh pakaian atau aktivitas ketat, serta kondisi kurang bersih yang memungkinkan penumpukan minyak dan bakteri.

BACA JUGA: Tidak Cukup Cuci Muka, Ini Pentingnya Double Cleansing Agar Kulit Lebih Bersih Bebas Jerawat

Ada pula penyebab seperti fluktuasi hormonal selama menstruasi, kehamilan, atau menopause yang memicu timbulnya jerawat, serta iritasi kulit.

Apa Itu Jerawat Vagina? Ketahui Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya. Jerawat vagina atau vaginal acne dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya penumpukan bakteri.-social-indiatvnews.com

Yang harus dilakukan

Mengobati jerawat vagina sama dengan mengobati jenis jerawat lainnya. Agar berhasil mengatasi jerawat pada vagina, disarankan untuk menjaga kebersihan dengan membersihkan area vulva dengan air untuk mencegah penumpukan bakteri. 

Pilihlah pakaian yang menyerap keringat seperti celana dalam berbahan katun dan pakaian longgar untuk meminimalkan keringat dan gesekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com