Permintaan Paspor Meningkat, Kemenkumham Jatim Bakal Tambah Kuota dan Buka Layanan di Akhir Pekan

Permintaan Paspor Meningkat, Kemenkumham Jatim Bakal Tambah Kuota dan Buka Layanan di Akhir Pekan

Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus memimpin rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor di Hotel Grand Surya, Kediri, Jumat, 19 April 2024.-Humas Kemenkumham Jatim-

KEDIRI, HARIAN DISWAY–-- Minat masyarakat Jawa Timur untuk memiliki paspor begitu tinggi. Hal ini pun direspon positif oleh Kanwil Kemenkumham Jatim

Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan paspor di jajarannya. "Penggunaan aplikasi M-Paspor sejak tahun 2022 telah membawa kemudahan dalam proses permohonan paspor," ucapnya saat memimpin rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor di Hotel Grand Surya, Kediri, Jumat, 19 April 2024.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Dukung Penerapan Keadilan Restoratif Sebagai Pidana Alternatif

Meski masih ditemukan beberapa kendala teknis yang menyebabkan pelayanan masih belum optimal. Namun, pihaknya tengah memberi alternatif penyelesaian masalah. Di antaranya kemungkinan penambahan kuota permohonan paspor dan pemberian layanan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Selain itu, lanjut Herdaus, terdapat rekomendasi yang akan ditujukan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi, terutama untuk pengembangan aplikasi M-Paspor. 

Juga usulan-usulan terkait percepatan pelayanan, penambahan sumber daya manusia, dan peningkatan sarana prasarana penunjang pelayanan paspor. Di saat yang sama, setiap kepala kantor imigrasi akan melakukan evaluasi terhadap kemampuan UPT-nya dalam memberikan pelayanan paspor. 

BACA JUGA:Permohonan Paspor Meningkat

Baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang tersedia. "Pelatihan-pelatihan softskill sangat penting agar pelayanan di lapangan berjalan dengan baik," tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Imigrasi se-Jawa Timur. Beserta para pejabat yang bertanggung jawab atas pelayanan paspor di masing-masing UPT. 

Setiap kepala UPT memberikan wawasan dari sudut pandang UPT-nya masing-masing, serta memberikan saran-saran untuk penyelesaian masalah yang dihadapi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: