Puluhan Mobil Sport JDM Bakal Ikuti Balap Time Attack di Sirkuit Mandalika, Catat Tanggalnya

Puluhan Mobil Sport JDM Bakal Ikuti Balap Time Attack di Sirkuit Mandalika, Catat Tanggalnya

JDM Funday 2024 diadakan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 28 Mei-1 April 2024. -Jennaira-BUMN

MATARAM, HARIAN DISWAY - Japanese Domestic Market (JDM) Funday membuka kompetisi balap Time Attack untuk para pecinta mobil sport Jepang di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 28 April-1 Mei 2024. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh JDM Run, yang merupakan komunitas mobil sport Japanese Domestic Market terbesar di Indonesia, bersama InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). 

Dalam keterangan tertulis, ITDC menyebutkan ada sebanyak 85 mobil Jepang performa tinggi dari seluruh Indonesia bakal bertanding Time Attack di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA:5 Pembalap F1 yang Sukses Epic Cameback Setelah Cedera

Time Attack sendiri merupakan format balapan untuk memperoleh waktu terbaik dalam satu putaran atau satu lap pada sirkuit balap.  

“Karena pada hakikatnya masing-masing peserta akan berjuang untuk menorehkan catatan waktu terbaik mereka sendiri (personal best lap),” papar Ketua Pelaksana JDM Funday Mandalika 2024 Yahya Adi Nugroho. 

Oleh karenanya, pada JDM Funday membagi para peserta balap berdasarkan pengalaman yang terdiri dari tiga kategori, yakni Non-Experienced, Experienced, dan Pro. Kendaraan pun akan dibagi menjadi tiga kelas, meliputi Standard Class, Street Class, dan Race Class.

BACA JUGA:Puncak Acara Festival Balon Udara 2024 Wonosobo: Kemeriahan Budaya dan Pariwisata Tanpa Ganggu Penerbangan

Yahya menerangkan, pembagian tersebut dilakukan agar peserta dapat berkompetisi sesuai kemampuan dan pengalaman balap mobil masing-masing. 

“Melalui pembagian kelas tersebut, setiap peserta diharapkan dapat merasakan keseruan yang sama walau kemampuan berkendara maupun spesifikasi kendaraan mereka berbeda-beda,” ujar Yahya.

Format Time Attack dipilih agar kompetisi tetap ramah bagi peserta yang belum berpengalaman, namun tetap menantang bagi peserta yang sudah pengalaman di dunia balap mobil.

BACA JUGA:F1 Musim 2024 Segera Dimulai, Simak Deretan Pembalap dan Tim Musim Ini!

Lebih lanjut, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono berharap penyelenggaraan kegiatan ini dapat memajukan Sirkuit Mandalika sebagai sport and entertainment tourism. Pasalnya, Sirkuit Mandalika sebelumnya hanya dipergunakan untuk ajang balap roda dua. 

“Event ini sebagai langkah kami dalam mempersiapkan Mandalika International Circuit untuk balapan roda empat setelah sebelumnya Porsche juga pernah berlaga di Mandalika melalui ajang Porsche Sprint Challenge,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: