OIKN Siapkan Sistem Layanan Kesehatan Telemedis Nusantara, Bangun 4 Rumah Sakit di Kawasan Inti Ibu Kota Negara

OIKN Siapkan Sistem Layanan Kesehatan Telemedis Nusantara, Bangun 4 Rumah Sakit di Kawasan Inti Ibu Kota Negara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas di wilayah IKN pada Jumat 19 April 2024.--IKN

HARIAN DISWAY - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di IKN.

Kunjungan tersebut berlangsung pada hari Jumat 19 April 2024 dengan agenda rapat bersama yang dilanjutkan kegiatan telusur lapangan ke unit RSUD Sepaku dan Puskesmas  di wilayah IKN.

Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito menuturkan bahwa pihaknya tengah membangun empat rumah sakit baru di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

BACA JUGA:Penduduk IKN Akan Menikmati Kurikulum Merdeka Belajar Plus, Disebut Lebih Padat dan Sederhana Daripada Kurikulum Merdeka

Selain itu, kata Suwito, sarana-prasarana hingga kompetensi SDM pada unit unit rumah sakit dan puskesmas yang telah berdiri di wilayah IKN juga telah ditingkatkan.


rapat bersama OIKN dan pihak terkait di ruang rapat RSUD Sepaku pada Jumat 19 April 2024--IKN 

“Untuk infrastruktur rumah sakit dan puskesmas yang sudah ada saat ini sudah akan direvitalisasi gedungnya, gedungnya akan dibangun yang baru, ada tiga puskesmas dan satu rumah sakit, demikian juga untuk peralatan medis akan dipenuhi,” ujar Suwito.

Bahkan, saat ini pihak OIKN juga sedang berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran UI untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis seperti dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Diskusi dengan Mantan PM Inggris Tony Blair Bahas Rencana Pembangunan Panel di IKN

“Jadi kita siapkan komprehensif, sarana-prasarana gedung termasuk tenaga medis dan tenaga Kesehatan,” sambung Suwito.

Lebih lanjut, Suwito menyampaikan bahwa OIKN akan membuka peluang kolaborasi dengan universitas maupun politeknik  yang bergerak pada bidang kesehatan.

Pihak OIKN juga mendorong perpindahan para dokter spesialis dari rumah sakit di wilayah Kalimantan maupun luar Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di IKN.

BACA JUGA:Kemenko Polhukam Siapkan Sistem Pertahanan IKN yang Cerdas dan Berlapis

Tak hanya itu, upaya penambahan tenaga medis di IKN ini, nantinya dapat melalui seleksi CPNS yang dibuka oleh OIKN untuk para tenaga kesehatan dan tenaga medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ikn