Sampoerna Bagikan Dividen Jumbo untuk Pemegang Saham, Berapa Triliun Sih?

Sampoerna Bagikan Dividen Jumbo untuk Pemegang Saham, Berapa Triliun Sih?

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis (kiri) purnatugas digantikan Ivan Cahyadi yang sebelumnya adalah direktur penjualan. --Instagram HM Sampoerna

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemegang saham PT HM Sampoerna Tbk tahun ini bisa senyum lebar. Emiten dengan kode HMSP ini akan membagikan dividen jumbo tahun ini. Saham mereka total mencapai Rp 8,06 triliun.

Hari ini saja, HMSP di pasar saham ditutup positif. Yakni di angka Rp 855 per lembar saham. Angka itu naik 1,79 persen dari pembukaan pasar saham pagi tadi, di angka Rp 840 per lembar saham.

Keputusan membagi dividen dengan jumlah besar itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) HMSP di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa 23 April 2024.

BACA JUGA: Konflik di Timur Tengah Memanas, Pertumbuhan Ekonomi Jatim Dipredksi Tetap di Atas 4 Persenen

Dividen yang akan dibagikan itu berasal dari laba bersih tahun buku 2023 yang mencapai Rp 8,09 triliun. Jika dihitung, dividend payout ratio (DPR) HMSP tahun ini mencapai 99,56 persen.

Secara historis, dividend per share (DPS) HMSP tahun buku 2023 juga lebih tinggi atas kinerja tahun buku 2020 yang saat itu mencapai Rp 72,8 per saham atau senilai Rp8,47 triliun.

Berdasarkan komposisi investor per 31 Maret 2024, jumlah pemegang saham publik HMSP mencapai 8,7 miliar saham atau setara 7,5 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

BACA JUGA: MK Tolak Gugatan, Ganjar-Mahfud Lapang Dada dan Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran

Sementara induk perseroan yakni PT Philip Morris Indonesia dominan sebesar 107,5 miliar saham atau setara 92,50 persen. Sesuai jadwal, investor yang berhak atas dividen HMSP merupakan pemegang saham yang namanya tercatat paling lambat pada 6 Mei 2024. 

Berikut adalah jadwal pembagian dividen HMSP:

A. Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi

- Cum Dividen: 2 Mei 2024

- Ex Dividen: 3 Mei 2024

B. Pasar Tunai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: