75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Terbit, Sisanya Masih Diproses

75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Terbit, Sisanya Masih Diproses

eVisa jemaah haji Indonesia. --Harian Disway

JAKARTA, HARAN DISWAY – Kementerian Agama saat ini sibuk mengurus visa jemaah haji 2024. Total akan ada 241.000 jemaah haji Indonesia. Rinciannya 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus. 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Saiful Mujab menyampaikan per hari ini baru 75.572 visa jemaah haji reguler yang sudah terbit. 

"Alhamdulillah, proses pemvisaan terus berjalan hingga seluruh visa jemaah haji Indonesia terbit,” terang Saiful Mujab di Jakarta, Rabu, 24 April 2024.


Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab-Kemenag-

Proses penerbitan visa ini memang bertahap. Dimulai dengan proses input data dan dokumen jemaah haji oleh kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dan provinsi. Saat ini data 216.791 jemaah sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya.

"Hari ini kita sudah mengajukan permohonan penerbitan visa lagi untuk 134.960 jemaah,” kata Saiful.

BACA JUGA:Jelang Keberangkatan, Baru 23 Ribu Visa Calon Jemaah Haji Indonesia yang Sudah Terbit

BACA JUGA:Tanpa Visa Haji Tak akan Bisa Berhaji, Kemenag: Masyarakat Jangan Tertipu

Untuk mengetahu apakah visa haji sudah terbit atau belum, jemaah bisa mengecek di visa platform pemerintah Arab Saudi.  

Saiful optimistis seluruh visa jemaah haji akan terbit sebelum waktu keberangkatan jemaah ke tanah suci. Jemaah kloter I akan mulai masuk Asrama Haji pada 11 Mei 2024. Kemudian penerbangan perdana jemaah haji ke tanah suci pada 12 Mei 2024. 

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama itu akan landing di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Untuk kloter yang masuk gelombang kedua akan dimulai 24 Mei 2024. Jemaah yang masuk gelombang kedua ini langsung ke Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Mereka naik pesawat Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

BACA JUGA:Mengenal Muhammad Amin Indragiri, Bos Perusahaan Arab Saudi yang Melayani Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:Khusus Jamaah Haji Asal Jatim dan Jateng Wajib Vaksin Polio, Ada Apa ya?

Para jemaah harus mempersiapkan fisik dan mental agar siap selama kurang lebih 40 hari ini tanah suci. Saat ini cuaca di Arab Saudi cukup terik. Suhu udara bisa mencapai 50 derajat celsius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: