Umrah Bersama Mabruro (10): Tawaf Wada dan Tur Jeddah Jadi Agenda Terakhir

Umrah Bersama Mabruro (10): Tawaf Wada dan Tur Jeddah Jadi Agenda Terakhir

Jamaah mabruro berfoto denganlatar belakang Kakbah. --Mabruro Tour & Travel

Para jamaah umrah Mabruro Tour & Travel dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Juanda pada Jumat, 26 April 2024, pukul 10.30. Pada hari terakhir di tanah suci jamaah berkesempatan tawaf wada dan tur keliling Kota Jeddah.

---

PERASAAN jamaah umrah Mabruro campur aduk. Sedih karena segera meninggalkan tanah suci. Sekaligus berharap dipanggil kembali ke Baitullah. Juga senang lantaran segera bertemu keluarga.

Kamis dini hari, mereka sudah harus bangun. Berkumpul di lobi hotel masing-masing tepat pukul 03.00 pagi. Lalu berangkat bersama ke Masjidilharam untuk menjalankan ibadah sunah dan salat Subuh berjamaah.

Baru pada pukul 10.00 pagi, rombongan harus bergegas. Melanjutkan perjalanan ke Jeddah. “Karena jadwal keberangkatan pesawat mereka ke tanah air pukul 21.30,” terang Wakil Direktur Mabruro Tour & Travel Safira Nur Rahmah, kemarin.

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (9): Miqat di Masjid Aisyah Sebelum Umrah Terakhir

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (8): Puas Tur Keliling Kota Thaif

Tapi, sebelum ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, jamaah punya kesempatan tur keliling Kota Jeddah. Ada sejumlah tempat yang dikunjungi. Lokasi pertama yakni Pasar Cornes.

“Hari terakhir, jadi ini kesempatan terakhir jamaah untuk beli oleh-oleh,” ujar Safira. Pasar Cornes tak cuma menjajakan kurma atau makanan lainnya. Melainkan juga suvenir khas Jeddah.

BACA JUGA: CETTAR Antarkan Khofifah Raih Penghargaan Bergengsi dari Jokowi

Selain itu, mereka pun bisa menikmati suasana setempat. Sebab, pasar tersebut terletak di Kota Balad, kota tua tersohor di Jeddah. Jamaah pun memanfaatkan momen ini dengan foto sepuasnya.

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (7): Bisa Request Umrah Berkali-kali

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (6): Ada Program Peluk Mesra Kakbah, Seperti Apa?

Tak cuma itu. Setelahnya, jamaah juga dibawa ke pusat perbelanjaan lain: Red Sea Mall. Ini salah satu destinasi modern di Arab Saudi. Jamaah umrah dari berbagai belahan dunia biasanya kerap belanja pakaian, sandal, hingga sepatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: