Mengatasi 1 Juta Orang Indonesia Yang Lebih Suka Berobat ke Luar Negeri, Biang Kerugian Negara Rp180 Triliun

Mengatasi 1 Juta Orang Indonesia Yang Lebih Suka Berobat ke Luar Negeri, Biang Kerugian Negara Rp180 Triliun

Ilustrasi layanan pasien di RSI Ahmad Yani Surabaya. Lebih dari 1 juta penduduk Indonesia lebih memilih berobat ke luar negeri hingga merugikan negara Rp 180 triliun per tahun-Julian Romadhon/Harian Disway-

Untuk ini, yang perlu kita lakukan adalah manajemen pengaturan yang lebih baik. Termasuk koordinasi antar tenaga dan unit kerja di institusi pelayanan kesehatan kita. Tentu juga disertai keramahan pelayanan serta penerapan prinsip dasar hospitality yang baik.  

Kelima adalah upaya fundamental menyelesaikan masalah. Tentang harga alat kesehatan dan obat-obatan, maka jelas perlu ada kebijakan yang perlu dianalisa dan diambil oleh pemerintah untuk mengatasinya.

Tentu masing-masing pihak punya argumentasinya sendiri, tetapi tujuan akhirnya kan jelas, harga obat dan alat kesehatan harus lebih murah dari sekarang.

Juga jelas perlu ada keberpihakan kebijakan pemerintah untuk semua insan kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik tetapi juga dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Saling salah menyalahkan dan atau membela diri tidak akan menyelesaikan masalah. 

Untuk hal ke lima yang mendasar ini maka ada tiga kunci utamanya, yakni leadership, governance dan accountability.(*)


Prof Tjandra Yoga Aditama -Dok Pribadi -

Prof Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI 

Guru Besar Fakultas Kedoktera Universitas Indonesia

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: