Ernando Ari Sang Raja Penalti: Sudah Terlatih Sejak di Akademi Persebaya!

Ernando Ari Sang Raja Penalti: Sudah Terlatih Sejak di Akademi Persebaya!

Ernando Ari berhasil menepis dua tendangan penalti Korea Selatan dan membawa Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23, 26 April 2024-PSSI-

Di Timnas U-16, Ernando juga menjadi pahlawan ketika mengalahkan Thailand di partai puncak Piala AFF U-16 2018. Dia berhasil menggagalkan dua penalti Thailand dan membawa Indonesia keluar sebagai pemenang di ajang tersebut. 

Begitupun ketika Ernando membela Persebaya junior untuk Elite Pro Academy (EPA) U-20 2019. Ernando Ari membuktikan kemampuannya sebagai pahlawan bagi Bajol Ijo Muda (sebutan Persebaya U-20). 

"Sejak di level junior, Nando memang jago untuk urusan penalti selain juga hebat di open play. Bahkan bisa disebut ia punya DNA juara adu penalti," tulis akun instagram resmi Persebaya setelah Ernando bisa membawa Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23, 26 April 2024. 

"Saat final EPA U-20 di Bali pada 2019, Nando membawa Persebaya juara mengalahkan Barito Putera dengan tidak kemasukan satu gol pun dalam adu penalti di Stadion I Wayan Dipta," sambung akun tersebut. 

BACA JUGA:Resmi! Erick Thohir Perpanjang Kontrak Shin Tae-Yong Sampai 2027, Ini Catatan Prestasinya...

Tiga penalti untuk pemain Barito Putera U-20 tak ada yang masuk. Ernando menepis dua dari tiga tendangan penalti itu. Tendangan pertama yang dilakukan Rizky Iswantur melebar ke sisi kiri gawang Ernando. 

Selanjutnya, tembakan Herudin dan Yuswanto Aditya berhasil digagalkan Ernando Ari. Dua penyelamatan heroik Ernando itu pun berhasil membawa Persebaya U-23 meraih gelar juara EPA edisi 2019.

Dengan demikian, Ernando Ari telah menunjukkan kualitasnya sebagai seorang kiper yang handal, baik di level junior maupun di level internasional bersama Timnas Indonesia U23.

BACA JUGA:Nathan Tjoe-A-On: Dari Bek Sayap Menjadi Maestro Lapangan Tengah Timnas U-23

Jadi pilihan utama di Persebaya


Ernando Ari saat official training jelang laga Barito Putera vs Persebaya, 8 November 2023-Instagram @officialpersebaya -

Di tim senior Persebaya, performa Ernando tak berubah. Ia selalu menjadi pilihan utama Bajol Ijo di bawah mistar gawang. 

Beberapa penyelamatan genting pun pernah dibuat Ernandio Ari ketika membela Persebaya. Seperti ketika laga Derbi Jatim Persebaya vs Arema musim 2022/2023. Saat itu Persebaya sedang unggul 1-0. 

Tapi, di penghujung pertandingan Persebaya dijatuhi hukuman penalti. Rizky Dwi pun maju sebagai eksekutor penalti Singo Edan (sebutan Arema FC).

Dengan yakin Ernando melompat ke sisi kanan gawangnya dan menggagalkan eksekusi penalti Rizky Dwi. Berkat penyelamatan Ernando itu, Persebaya bisa mengalahkan seteru abadinya dua kali di musim 2022/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: