Single Parent? Jangan Khawatir Soal Merawat Anak, Begini Kiatnya

Single Parent? Jangan Khawatir Soal Merawat Anak, Begini Kiatnya

Single parent? jangan khawatir soal merawat anak, begini kiatnya. Seorang single parent dapat berhasil dalam merawat dan mendidik anak. Kuncinya adalah cinta dan komitmen.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY – Banyak pertanyaan tentang kondisi single parent dan dampaknya bagi tumbuh kembang anak. Tentu, sedikit banyak pasti berdampak. Baik positif maupun negatif.

Tapi langkah yang tepat dapat membantu perkembangan positif berikut aspek emosional anak. Tak terkecuali kehidupan sosial mereka.

Dilansir oleh Marriage.com, berikut ini adalah masalah yang dihadapi single parent. Juga dampak single parenting terhadap perkembangan anak dan cara terbaik bagi single parent untuk mendukung anak.

BACA JUGA:Bahas Pola Parenting, Fery Farhati Bagikan Trik Mengatasi Anak Kecanduan Gawai

Single parent? jangan khawatir soal merawat anak, begini kiatnya. Kunci dari keberhasilan single parenting, salah satunya adalah bicarakan segala sesuatunya dengan anak.-freepik-freepik.com

Kendala Finansial

Salah satu masalah single parent adalah mereka cenderung berjuang penuhi kebutuhan finansial. Menjadi satu-satunya pencari nafkah dalam keluarga dapat menyebabkan kesenjangan yang nyata antara penghasilan Anda dan rekan-rekan Anda yang mempunyai dua penghasilan.

Kendala finansial dapat menjadi hal yang membuat stres bagi single parent dan anak-anak mereka. Menyebabkan anak merasa frustrasi dan marah atas perbedaan antara dirinya dan teman sekelas atau sahabatnya.

Jika Anda bergumul dengan masalah keuangan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, belajar membuat anggaran secara efektif dan menerapkan sikap mencari cara yang paling hemat biaya untuk melakukan sesuatu.

Kedua, fokus pada apa yang dapat Anda berikan kepada anak Anda. Mungkin Anda tidak bisa membelikannya gadget terbaru.

Namun, Anda bisa membina hubungan baik dengannya. Juga menemukan hal-hal menyenangkan yang bisa Anda nikmati bersama.

Dampak positif single parenting tidak serta merta bergantung pada keuangan. Meski tidak mudah, namun dengan sikap yang benar, Anda dan anak Anda bisa melewatinya.

BACA JUGA:6 Tip Parenting untuk Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Dampaknya terhadap prestasi akademik anak

Berasal dari keluarga single parent dapat berdampak pada perkembangan akademik anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: marriage.com