Jaga Tubuh Anda Tetap Bugar saat Musim Panas dengan Beberapa Tip Ini

Jaga Tubuh Anda Tetap Bugar saat Musim Panas dengan Beberapa Tip Ini

Memasuki musim panas dengan pergantian cuaca bikin tubuh harus beradaptasi. Anda bisa lakukan beberapa cara ini agar tetap bugar. --Getty Images/Phira Phonruewiangphing

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Beberapa hari belakangan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas dan terik. Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di luar, kondisi itu rentan memicu dehidrasi.

Juga menimbulkan iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh dengan baik selama cuaca panas agar terhindar dari gangguan kesehatan.

1. Banyak minum air putih


Penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama musim panas supaya sehat dan fit. --iStock/Pongtep Chithan

Minum air putih adalah salah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat musim panas. Pada musim ini, suhu yang lebih tinggi dan aktivitas di bawah sinar matahari sering kali menyebabkan peningkatan produksi keringat.

BACA JUGA: Waspada! Perokok Pasif, Terutama Anak-anak, Rentan Penyakit Paru

Ini dapat mengakibatkan dehidrasi jika asupan cairan tidak mencukupi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, disarankan untuk minum air secara berkala sepanjang hari, terutama setelah beraktivitas fisik atau saat berada di bawah terik matahari.

Saat Anda terhidrasi dengan baik, energi dan konsentrasi Anda cenderung tetap stabil, serta risiko kelelahan akibat cuaca panas bisa berkurang. 

2. Perbanyak konsumsi buah-buahan


Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi saat cuaca panas, tubuh rawan dehidrasi dan lemas.--Getty Images

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk.

BACA JUGA: 5 Tips Efektif Atasi Penyakit Gatal Biduran

Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

3. Istirahat yang cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: