Siap-siap! ANTM Akan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan plus Bagi-Bagi Dividen

Siap-siap! ANTM Akan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan plus Bagi-Bagi Dividen

Pramuniaga menunjukkan emas batangan Aneka Tambang (Antam) di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur.-ANTARA FOTO-Ari Bowo Sucipto.-

HARIAN DISWAY – Pekan kedua Mei 2024, PT Aneka Tambang Tbk akan melakukan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST). Dilansir dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten dengan kode ANTM itu akan melaksanakan RUPST pada Rabu 8 Mei 2024.

Rapat itu akan dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta. Ada tujuh acara yang akan menjadi pembahasan pemegang saham di perseroan pertambangan logam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. 

Beberapa di antaranya adalah persetujuan dan pengesahan laporan keuangan, persetujuan penggunaan laba bersih, penetapan remunerasi hingga perubahan susunan pengurus perseroan.  

Terkait penggunaan laba bersih 2023, perseroan tidak pernah absen membagikan dividen selama lima tahun terakhir. Dividend per share (DPS) perseroan juga terus mengalami kenaikan selama empat tahun.

BACA JUGA: Rapor Merah Antam di Kuartal Pertama Tahun Ini

Tahun lalu misalnya, pemegang saham menyetujui penggunaan 50 persen atau Rp 1,9 triliun dari laba bersih tahun buku 2022 sebagai dividen. Nilai tersebut mencerminkan DPS sebesar Rp 79,50 per lembar saham, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 38,73.

Sepanjang 2023, perseroan mencatatkan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 3,07 triliun atau turun 19,45 persen year-on-year (yoy). 


Siap-siap! ANTM Akan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan plus Bagi-Bagi Dividen. Produk emas Antam berukiran batik dipamerkan di Surabaya, September 2023. Penjualan Emas menyumbang pendapatan terbesar bagi Antam.-Ahmad Rijaluddin-Harian Disway-

Penurunan laba bersih ANTM sejalan dengan penjualan yang merosot sebanyak 10,63 persen yoy dari posisi Rp 45,93 triliun menjadi Rp 41,04 triliun sepanjang tahun lalu. Produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan perseroan dengan nilai Rp 26,12 triliun atau setara 64 persen. 

Total volume produksi emas dari tambang Antam sebesar 1,21 ton. Sementara penjualan emas mencapai 26,13 ton di 2023. Perihal perubahan susunan pengurus, ANTM kali terakhir merombak jajaran direksi pada RUPST 2023. 

BACA JUGA: Terminal Teluk Lamong Sambut Service Baru SI8, Memperkuat Konektivitas Maritim Indonesia-India

Kala itu, pemegang saham memberhentikan Dolok Robert Silaban sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Basar Simanjuntak dari Direktur Sumber Daya Manusia. 

Para pemegang saham juga menyetujui pengalihan tugas I Dewa Bagus Wirantaya, dari Direktur Operasi dan Produksi menjadi Direktur Pengembangan Usaha.

Direktur Utama Aneka Tambang Nicolas D. Kanter berasumsi bahwa Kementerian BUMN akan menuntut lebih banyak dividen pada 2023. “Kalau saya juga jadi menteri, saya akan tunjukin kinerja tahun ini dengan memberikan kontribusi bagi negara terbesar,” ujarnya. 

Di pasar modal, ANTM hari ini dibuka positif di angka Rp 1.490 per lembar saham. Hingga pukul 10.24 WIB, tren positif ini masih terus berlanjut. Kini berada di angka Rp 1.520 per lembar sahamnya. Atau naik 2,01 persen. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: