Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Dr Andik Matulessy MSi Psikolog: Zuo Shan Jiang Xiang

Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Dr Andik Matulessy MSi Psikolog: Zuo Shan Jiang Xiang

Cheng yu pilihan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Dr Andik Matulessy MSi Psikolog: zuo shan jiang xiang. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Tak ada kekuatan lain selain Tuhan. Maka, dalam hidup ini Dr Andik Matulessy MSi, Psikolog berprinsip untuk mengunggah semua kebaikan kepada Sang Pencipta. Banyak peristiwa yang membuat Andik menemukan prinsip itu.

Seiring berjalannya waktu, pria kelahiran Bojonegoro, 22 Desember 1968, itu ternyata harus membantu orang lain, men-support kolega, memberikan solusi atas –serta berempati pada– masalah orang lain, dan lain-lain.

Andik tak berpikir semua itu sebagai beban. “Sebab saat kita berharap bahwa apa yang kita lakukan membuat orang lain peduli pada kita, itu justru membantu atau menjadi support balik pada kita. Percayalah rumusnya begitu,” katanya.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Divine Healer Marian Rosidi: Ning Jing Zhi Yuan

Memang, kenyataannya malah banyak orang-orang yang kita tolong, ternyata mengunggah keburukan, meruntuhkan nama baik kita. “Ada juga yang pura-pura tidak kenal, melupakan, dan hal lain yang membuat kita mengelus dada. Tapi tetaplah teguh,” lanjut suami penulis Vivi Dinatya Swastiani itu. 

Bapak empat anak itu belajar bahwa jangan berharap apapun dari seluruh kebaikan yang dilakukan. Tapi niatkan untuk melakukan kebaikan tanpa mengharapkan sekecil apapun balasan dari orang lain.

Niatkan sebagai penghargaan pada Sang Pencipta yang memberikan ruang untuk berbuat baik pada sesama mahluk-Nya. “Saya sangat yakin Allah akan memberikan balasan saat itu juga. Meskipun bukan ke saya langsung, tapi bisa juga kepada keluarga dan anak-anak saya di masa depan,” katanya.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Founder & CEO Inspira Group Satia Pradana: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

Sebagaimana diyakinkan pepatah Tiongkok sejak ribuan tahun lalu, “作善降祥“ (zuò shàn jiàng xiáng): perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan. Demikian kata ketua Umum Forum Program Profesi Sahabat Perempuan dan Anak (Prosapena) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu.

Lengkapnya, seperti ditegaskan dalam kitab Konfusianis Shu-ching (书经) --atau yang biasa disebut juga Shangshu (尚书)-- “作善降之百祥, 作不善降之百殃“ (zuò shàn jiàng zhī bǎi xiáng, zuò bù shàn jiàng zhī bǎi yāng): perbuatan baik akan mendatangkan banyak kebaikan; perbuatan buruk akan mendatangkan banyak bencana.

Karena itu, dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya itu berusaha untuk tetap berkontribusi. Baik sebagai dosen, psikolog, pimpinan organisasi, maupun sebagai bagian dari anggota masyarakat --sekalipun itu di lingkup kecil sebagai ketua RW selama 8 tahun.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Perancang Busana Anne Avantie: Tian Dao Wu Qin, Chang Yu Shan Ren

Dengan cara itu, kiprah asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu meluas. Bahkan saat pandemi, Andik tetap beraktivitas. Mengelola organisasi dan ikut serta dalam berbagai rapat terkait dengan penyusunan RUU Psikologi.

Ia juga menjadi bagian dalam pendampingan, pencegahan di Gugus Tugas Covid-19 HIMPSI, hingga mengelola hotline Kesehatan Jiwa (SEJIWA) 119 extension 8 bersama Kantor Staf Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: