Banyaki Manfaat Nasi Jagung yang Bagus bagi Tubuh, Tak Hanya untuk Diet Lho!

Banyaki Manfaat Nasi Jagung yang Bagus bagi Tubuh, Tak Hanya untuk Diet Lho!

Nasi jagung tak hanya bagus untuk Anda yang sedang program diet, tapi banyak manfaat yang baik bagi tubuh jika Anda rutin mengonsumsinya. Sudah sehat, mengenyangkan pula. --Instagram @luis_widarto

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Mendengar nasi jagung seolah membongkar ingatan peristiwa jaman dulu. nasi jagung sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu.

Tidak hanya mengandung unsur sejarah, nasi jagung juga punya segudang manfaat yang bagus buat tubuh. nasi jagung adalah hidangan makanan yang terbuat dari jagung yang diolah menyerupai tekstur dan fungsi nasi.

Biasanya, biji jagung dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil, kemudian dimasak seperti nasi. Nasi jagung populer di beberapa daerah di Indonesia. Terutama di Jatim dan NTT. Di sana, jagung menjadi salah satu bahan pangan pokok.

BACA JUGA: Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

Tak hanya  jadi pengganti nasi putih, nasi jagung juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat bagus bagi tubuh. Yuk simak berbagai manfaatnya!

1. Menjaga berat badan tetap ideal


Punya berat badan yang ideal dan sehat adalah impian banyak orang. Jika Anda sedang mengusahakannya, nasi jagung bisa membantu Anda agar capai tubuh ideal dengan makanan yang sehat. --istockphoto

Nasi jagung memiliki manfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, terutama karena kandungan serat dan indeks glikemiknya yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Serat yang tinggi dalam nasi jagung membantu memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan atau ngemil di antara waktu makan.

BACA JUGA: Awas, Makanan Cepat Saji Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Pernapasan Kronis

Efek ini dapat membantu mengontrol asupan kalori harian yang pada akhirnya berkontribusi pada upaya untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks dalam nasi jagung menyediakan sumber energi yang tahan lama. Sehingga tubuh tidak merasa lelah atau lesu dengan cepat. Dengan energi yang cukup, seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik dan lebih bugar.

2. Memelihara kesehatan tulang


Nasi jagung punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsinya rutin sebagai asupan makanan sehari-hari. --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: