Protein Hewani dan Protein Nabati, Lebih Sehat Mana?

Protein Hewani dan Protein Nabati, Lebih Sehat Mana?

Protein hewani dan protein nabati, lebih sehat mana? Protein nabati dan hewani sama-sama menyehatkan. Tapi soal manfaat untuk tubuh, ada satu yang lebih unggul.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY - Protein merupakan makronutrien penting. Itu berperan untuk memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Pun memproduksi enzim dan hormon, serta mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan. 

Meskipun sumber nabati dan hewani menyediakan protein, di kalangan praktisi kesehatan masih ada perdebatan terkait mana yang lebih sehat. 

Dikutip dari indiatvnews, berikut perbandingan antara protein nabati dan protein hewani dalam berbagai aspek. Guna menemukan mana yang lebih bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Atasi Kekurangan Makanan Serat dan Berprotein dengan Meal Replacement yang Satu Ini

Komposisi nutrisi:

Protein nabati dan protein hewani memiliki perbedaan terkait komposisi nutrisi di dalamnya.

Protein nabati mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien. Sedangkan protein hewani kaya akan asam amino esensial, vitamin, dan mineral. 


Protein hewani dan protein nabati, lebih sehat mana? Makanan yang mengandung protein nabati memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.-freepik-freepik.com

Namun, protein hewani mengandung lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA:Tinjauan Medis Telur; Protein Tinggi Terbaik Setelah ASI

Pencernaan dan penyerapan:

Protein hewani memiliki tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan protein nabati.

Juga dalam proses tubuh untuk mencernanya. Hal ini karena protein hewani mengandung semua asam amino esensial dalam proporsi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. 

Sebaliknya, protein nabati mungkin kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Sehingga perlu mengonsumsi berbagai makanan nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com