Cheng Yu Pilihan Chef di Osaka Ramen Restaurant PIK2 Chef Ncuz: San Ren Xing, Bi You Wo Shi

Cheng Yu Pilihan Chef di Osaka Ramen Restaurant PIK2 Chef Ncuz: San Ren Xing, Bi You Wo Shi

Cheng yu pilihan Chef di Osaka Ramen Restaurant PIK2 Chef Ncuz: san ren xing, bi you wo shi. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Mungkin terkecuali Anda sakti atau punya mukjizat seperti nabi, maka semuanya tetap butuh proses. Step by step. Dimulai dari layer terendah, menengah, baru teratas. Tidak bisa kun fayakūn sukses seketika.

Berproses memang melelahkan. Kesabaran dan kematangan akan diuji oleh beragam tantangan yang silih berganti datang. Mereka yang tak tahan, bisa jadi akan langsung angkat tangan. Tapi, konsekuensinya ya kegagalan dan penyesalan. 

Padahal, andai tak mau menyerah pada apapun bentuk aral yang melintang, kesuksesan bukan barang yang mustahil untuk diraih. Kata salah satu ungkapan di Tiongkok sana, "世上无难事,只怕有心人" (shì shàng wú nán shì, zhǐ pà yǒu xīn rén): tak ada yang tak bisa diwujudkan bagi mereka yang gigih mengusahakan. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Dr Andik Matulessy MSi Psikolog: Zuo Shan Jiang Xiang

"Ya, tak ada yang tak mungkin bagi mereka yang berjuang dengan kejujuran dan kerja keras," ujar Chef Ncuz.

Chef Ncuz telah membuktikannya sendiri. Sejak usia 14 tahun, pria kelahiran Cirebon itu sudah bekerja sebagai kuli bangunan di Jakarta. Ingin mencoba peruntungan lain, ia banting setir menjadi tukang cuci piring di kawasan Summarecon Mall Serpong (SMS).

Perlahan, Ncuz dipercaya menjadi cook helper, asisten juru masak. Yang tugasnya menyiapkan peralatan masak, bahan makanan yang akan diolah, hingga mengawasi masakan takut kegosongan. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Ketua Yayasan Budi Bakti Bersama, Sampit Hang Ali: You Jiao Wu Lei

Pelan namun pasti, Ncuz mulai menguasai ilmu masak-memasak. Ia lantas diserahi tanggung jawab sebagai cook dan senior cook. Kemahirannya dalam mengolah masakan, diuji di sebuah restoran olahan Jepang Sushi Man di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Terminal 3.

Lolos sebagai cook senior, Ncuz naik pangkat menjadi demi chef di restoran masakan Jepang di Mall Taman Anggrek, Jakarta Utara.

Nasib memang tak akan ke mana. Kabar mengenai keahlian Ncuz dalam memasak kian tersebar ke chef-chef senior. Pada akhir 2002, ia direkomendasikan beberapa chef ternama untuk mempresentasikan masakan di hadapan petinggi Agung Sedayu Group (ASG).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Ibunda Anna Quan Wong, Pengasuh Rubrik Cheng Yu Harian Disway Hu Siang Nio (Alm): He Ai Ke Qin

Cocok, Ncuz diangkat sebagai chef di Osaka Ramen Restaurant milik Osaka Hotel & Serviced Apartment di PIK 2 sana. Kendati telah menjadi orang sukses dalam mengubah nasibnya, Chef Ncuz tetap sederhana. Ia ingin membahagiakan banyak orang dengan masakannya.

Terlebih, ia berpedoman, "Semua orang adalah guru kehidupan. Saya ingin membina hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang." Sebagaimana Konfusius, filsuf besar Tiongkok, bilang, "三人行,必有我师" (sān rén xíng, bì yǒu wǒ shī): pada masing-masing orang, pasti ada yang layak dijadikan teladan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: