PKS Merapat, Khofifah Makin Kuat

PKS Merapat, Khofifah Makin Kuat

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dalam acara buka puasa dan Khotmil Quran di Hotel Suites Surabaya, Jumat, 29 Maret 2024.-IG PKSjatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Partai-partai Politik perlahan mulai menunjukkan jagoan yang akan didukungnya di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Sejauh ini, nama Khofifah Indar Parawansa masih menjadi satu-satunya bakal calon gubernur (bacagub) di Jatim. Dia pun telah mengantongi rekomendasi dari empat partai politik. 

Mereka adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Sedangkan parpol lainnya, sedang menata langkah politik dengan hati-hati. Meskipun sebagian partai kini mulai menunjukkan sinyal. Seperti yang dilakukan Partai Keadilan Sosial (PKS).

Partai berlambang padi dan bulan sabit itu berpotensi mendukung Khofifah. Hubungan mereka pun baik. "Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Khofifah terlebih saat masih menjadi gubernur Jatim kami melakukan tukar pikiran yang sangat bagus untuk membangun Jawa Timur," ujar Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, Rabu, 8 Mei 2024.

Irwan mengatakan bila saat ini, pihaknya sedang fokus di tahap penjaringan untuk menghadapi Pilkada Serentak. Ia pun mendapat tugas dari DPP PKS untuk menjalin komunikasi dengan calon-calon yang ada di Jawa Timur. Tak terkecuali dengan para sesama partai politik di Bumi Majapahit. 

BACA JUGA:Pendaftaran Dibuka, Calon Perseorangan Pilgub Jatim Wajib Kantongi 2 Juta KTP

BACA JUGA:Teka-teki Calon Wakil Khofifah di Pilgub Jatim 2024

"Untuk dengan calon, kami sedang menjadwalkan pertemuan dengan Bu Khofifah, karena memang baru beliau yang muncul untuk menjadi calon gubernur di Jatim," imbuh Irwan. Ia menegaskan bahwa keputusan final untuk Pilkada Serentak 2024 ada di tangan DPP.

Pihaknya di Jawa Timur hanya bertugas menjalin  komunikasi-komunikasi politik dengan para calon dan para partai politik. Saat disinggung jatah bakal calon wakil gubernur, ia akan menyerahkan keputusan kepada bacagub yang bersangkutan. 

"Jika memang ada kader kami yang mungkin cocok dengan Khofifah, kami silakan saja," kata Irwan. Dalam waktu dekat, PKS akan bertemu dengan parpol lain di tingkat Jatim. Bertukar pandang tentang bagaimana menata dan membangun Jawa Timur.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Khofifah pernah mengatakan bahwa akan ada tiga partai politik lagi yang merapat. "Ada partai lain yang juga sudah melakukan konsolidasi. Paling tidak ada tiga partai. Tetapi kita share setelah suratnya turun," ujar Khofifah di Jakarta pada akhir April 2024. 

BACA JUGA:Semakin Perkasa, Khofifah Kantongi Dukungan LDII Maju di Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA:Fokus ke Pilgub, Khofifah Ogah Jadi Menteri Kabinet Prabowo

Bisa jadi, satu di antaranya adalah PKS. Apalagi, Irwan juga telah mengakui hubungan intensif yang terjalin antara PKS dengan Khofifah Indar Parawansa. Mari kita tunggu bagaimana kepastiannya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: